UNPAB : Selenggarakan Debat Nasional

Ditulis oleh Teks dan Foto Release UNPAB on . Posted in Tour & Travel

Biro Student Advisory Center Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), Medan, baru saja selesai menggelar Debat Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia, kegiatan tersebut berlangsung di mulai pada tanggal 09 - 11 November 2017 di ruang baca Perpustakaan Gedung D.
Koordinator Kopertis Sumatera Utara Dian Armanto memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Debat Ilmiah Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia yang diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di tanah air. “Kopertis Sumut mengucapkan terima kasih kepada UNPAB yang telah melaksanakan lomba yang diharapkan dapat melahirkan ahli debat terbaik. Tidak banyak perguruan tinggi mau berbuat untuk mengadakan kegiatan kemahasiswaan sehingga kita hargai kegiatan UNPAB dan kedepan dapat dilaksanakan setiap tahun,” katanya.
Koordinator berharap pelaksanaan debat ilmiah berikutnya dapat ditingkatkan melibatkan perguruan tinggi lain di luar Indonesia termasuk dari Universitas Putra Malaysia, Singapura, Thailand dan Korea. Debat internasional dan nasional akan membawa peningkatan kualitas pendidikan.
Berkaitan dengan tema debat tentang Danau Toba, Dian Armanto yang juga Guru Besar Unimed menambahkan, mahasiswa juga dapat  memajukan pariwisata di Indonesia termasuk Danau Toba. “Ahli-ahli debat ilmiah yang dihasilkan nantinya dapat menjadi Anggota DPR RI dan DPD RI yang pandai berdebat dan akan membawa perubahan yang lebih baik,” ujarnya.
Pada kegiatan tersebut, Rektor III UNPAB Samrin juga menyampaikan pesan Rektor UNPAB Muhammad Isa Indrawan, bahwa kegiatan debat nasional tersebut dapat meningkatkan silaturahim mahasiswa di Tanah Air, dari bertukar informasi dan berdiskusi hangat lewat debat. “Adik-adik mahasiswa dari Yogyakarta dapat berbagai informasi dengan mahasiswa lain, begitu juga dengan budaya daerah masing-masing,” tuturnya.
Pimpinan UNPAB ini berharap event ini juga sebagai bagian memperingati Hari Pahlawan di mana apa yang dilaksanakan saat ini tidak terlepas dari masa lalu dan peran dari para pahlawan pendiri bangsa dan negara. “Adik-adik mahasiswa sekarang pada 20 tahun kedepan adalah pemimpin-pemimpin negara. Namun dibalik itu banyak ancaman menghadang generasi muda seperti ancaman Narkoba,” lanjut Samrin.
Sedangkan dalam kesempatan ini, dosen Universitas Putra Malaysia Nor Wahiza Abdul Wahat memberikan berbagai pengalaman agar para mahasiswa dapat meraih sukses. Menurut Nor, ciri pemimpin harus mampu menyelesaikan masalah-masalah, mampu melihat berbagai peluang dan terus berusaha, serta siap melaksanakan program pertukaran mahasiswa antar-perguruan tinggi dan berbagai program pelatihan. “untuk mengasah dan membentuk calon pemimpin masyarakat. Pengalaman yang didapat akan membawa kematangan pemimpin,” ujar Nor.
Ketua Panitia Debat Ilmiah Nasional dan Seminar Inspirasi Bersama Dosen Universitas Putra Malaysia Robi Krisna juga mengucapkan terimakasih atas antusias para peserta lomba yang terdiri dari 12 tim dari perguruan tinggi di Pulau Jawa dan Sumatera. Demikian pula dengan besarnya dukungan Kopertis Sumut, Rektor UNPAB, narasumber dan panitia. B

Dwidaya Tour : Perbarui Aplikasinya Dengan Tampilan Baru

Ditulis oleh Teks dan Foto Release Dwidaya Tour on . Posted in Tour & Travel

Sebagai penyedia jasa wisata domestik dan internasional, Dwidayatour melakukan pembaruan signifikan pada aplikasi mobile di awal kuartal ke-4 tahun 2017. Pembaruan yang signifikan ini dapat terlihat pada tampilan antarmuka aplikasi Dwidayatour. Di waktu yang bersamaan, Dwidayatour juga mebuka dua cabang baru, yaitu Setiabudi 2 Building dan AEON Mall Jakarta Garden City. Langkah strategis ini adalah konsistensi konsep hybrid channel, di mana mengembangkan channel online dan hotline 24 jam, tapi tetap fokus terhadap pengembangan jaringan offline.

Tampilan baru ini pun mendapatkan respon positif dari Trinity, salah satu penggiat traveling yang merupakan travel blogger yang bukunya diangkat ke layar lebar. Menurutnya, tata letak menu pada tampilan baru tersebut memudahkan dirinya sebagai user untuk navigasi antar menu.

Selain itu, dalam menyambut pembukaan cabang baru, Dwidayatour juga menggelar Parade Tiket Murah, salah satunya adalah tiket penerbangan ke Australia yang dibanderol dengan harga lima jutaan untuk pergi dan pulang menggunakan maskapai Singapore Airlines. Tidak hanya itu saja, para traveler juga dapat menikmati diskon hingga Rp 1.400.000 untuk pemblian tour.

Dwidayatour merupakan biro perjalanan wisata yang sudah berdiri sejak Juli 1967 dan berkantor pusat di Jakarta, serta sudah memiliki lebih 90 kantor cabang yang tersebar di Indonesia. Dwidayatour memiliki berbagai layanan  produk dan jasa wisata, seperti salah satunya adalah pemesanan tiket pesawat dan reservasi hotel. B

PT. Sabre Travel Network Indonesia : Grand Launching Program Book & Drive 2

Ditulis oleh Teks Lili Handayani, Foto Riska Rahayu on . Posted in Tour & Travel

Setelah sukses di season sebelumnya, PT Sabre Travel Network Indonesia kembali menggelar program Book and Drive season dua dengan hadiah yang lebih banyak dan menarik.
Direktur PT Sabre Indonesia Deny Fajar, menyediakan ratusan emas dan Grand Prize 1 unit mobil Honda HR-V. Program yang ditujukan untuk para travel consultant ini, berlaku mulai 1 Juli sampai dengan 31 Desember 2017.
Dia mengemukakan bahwa para travel consultant yang sudah menggunakan sistem sabre, bisa terus melakukan booking melalui sistem tersebut yang intinya akan mendapatkan poin. Dari poin yang didapatkan akan diakumulasi dan diundi setiap 2 bulan sekali.
Menurut  Deny Fajar, penyelenggaraan  acara ini sebagai bentuk apresiasi untuk para travel consultant. “ Melihat antusias yang tinggi dari travel consultant pada priode sebelumnya, Sabre Indonesia akan menggelar event serupa. Sebuah perusahaan travel yang sukses tidak pernah terlepas dari adanya travel consultant,” ujarnya.
Acara Grand Launching program yang diselenggarakan di Emerald Ballroom Redtop Hotel Jakarta dihadiri oleh ratusan travel consultant dari berbagai travel agent. Acara ini sebelumnya diisi dengan kegiatan produk seminar yang memperkenalkan produk-produk terbaru dari PT Sabre Travel Nerwork Indonesia, seperti Sabre E-Ticket report dan Internet Electronic Booking Engine Electra yang menjadi solusi terbaik dari Sabre untuk travel agent. B

50 Tahun Dwidaya Tour : Bisnis Online Meningkat Tajam

Ditulis oleh Teks & Foto Lili Handayani on . Posted in Tour & Travel

Seiring era millennium, bisnis online travel agent meningkat tajam beberapa tahun terakhir. Survei yang dilakukan oleh PT Dwidaya World Wide atau Dwidaya Tour terhadap lebih dari 1.000 responden di awal tahun ini mengungkapkan bahwa mayoritas konsumen adalah multi channel.
Meski 83% responden mempersepsikan online lebih murah, namun 76,2% responden mengungkapkan masih membeli tiket dari travel agent.
Vice President Commercial PT Dwidaya Tour Hendriyapto menjelaskan hasil survei tersebut sejalan dengan data penjualan Dwidaya Tour  selama setahun terakhir. “Transaksi online memang memberikan kemudahan bertransaksi, namun konsumen tetap membeli produk di jaringan cabang kami, terutama produk dengan high involment yang menuntut penjelasan cukup spesifik ke konsumen sehingga, diperlukan tatap muka dengan frontliner di offline channel kami,” ungkap Hendri di Press Confrence 50 tahun Dwidaya Tour.
Hendri juga mengungkapkan beberapa alasan responden masih bertransaksi di travel agent, di antaranya harga kompetitif, variasi produk yang lengkap dan referensi kerabat.
Dia juga mengakui ketiga hal tersebut juga dimiliki oleh Online Travel Agent (OTA), namun komitmen untuk menjaga kredibilitas Dwidaya Tour selama 50 tahun sehingga menjadi perusahaan travel terdepan di Indonesia juga membuat konsumen tetap memilih untuk bertransaksi secara offline di jaringan cabang Dwidaya Tour.
Sebagai apresiasi kepada konsumen dalam rangka perayaan usia emas 50 tahun ini, Dwidaya Tour menggelar Flash Sale 50 berupa program potongan harga hingga 50% untuk pembelian tiket pesawat, hotel, dan paket tour disemua channel Dwidaya Tour.
Program ini berlangsung selama satu hari penuh pada 19 Juli 2017 lalu yang bertepatan dengan hari jadinya ke-50. Selain itu, perusahaan juga melakukan kegiatan CSR berupa pemberian donasi dan pengumpulan buku oleh karyawan untuk disumbangkan ke Taman Bacaan Anak Lebah (TBAL) di kaki Gunung Rinjani. B

Majalah Bandara : Masuki Bisnis Penyelenggara Umroh

Ditulis oleh Erwin Nurdin on . Posted in Tour & Travel

Majalah Bandara melakukan ekspansi dengan memasuki bisnis penyelenggara ibadah umroh, mengingat prospek usaha di sektor jasa itu masih sangat terbuka lebar karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah beragama Islam.
Menurut Wita Anggraini, Pemimpin Perusahaan Bandara Group, ide masuk ke bisnis penyelenggara ibadah umroh muncul ketika sholat subuh di Masjid Nabawi, Medinah beberapa waktu lalu. “Setelah tanya sana sini, kemudian semakin mantap setelah dapat dukungan dari travel agent yang berpengalaman pembimbing ibadah haji dan umroh, “katanya.
Pembimbing ibadah haji dan umroh adalah seorang dosen alumni Pondok Pesantren Darussalam Garut yang sudah selama tujuh tahun belajar di Libya dan menguasai bahasa Arab dan Inggris dengan baik.
Sementara itu Erwin Nurdin, CEO Majalah Bandara mengatakan, pihaknya mengutamakan layanan seperti penyediaan fasilitas hotel bintang lima dekat dengan masjid, baik di Kota Mekkah maupun Kota Medinah. “Sebelum berangkat, peserta umroh, yang dikemas dalam 9 (sembilan) hari, disediakan waktu dan hotel 3 hari 2 malam di Jakarta dan 1 malam sewaktu kembali dari ibadah umroh.
Dia menjelaskan bahwa setiap tahun tercatat lebih dari 3 juta orang Indonesia, termasuk dari komunitas bandara, penerbangan dan pariwisata yang selama ini jadi relasi utama Bandara. “Penyelenggaran ibadah umroh ini sebagai bagian dari upaya Bandara Group memberikan layanan lebih kepada pembaca, “katanya.
Perjalanan ibadah umroh yang dilakukan oleh Erwin Nuridn beserta istri Wita Anggraini berlangsung selama sembilan hari mulai berangkat dari Jakarta menuju Jeddah menggunakan pesawat B-777 maskapai Saudi Arabia.
Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kota Medinah. Empat hari tiga malam di Mediana, lalu berangkat menuju Kota Mekkah selama 5 (lima) hari empat malam, dan kembali dengan maskapai yang sama. I