Erik Aditama : Banyak Belajar dan Bertanya tentang Dunia Penerbangan

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto dok Erik Aditama on . Posted in Information

Erik Aditama, ayah dari tiga orang anak ini semakin memantapkan diri bekerja di Bandara Hang Nadim, Batam, sebagai Manager of Terminal Passenger. Sebelum bergabung di BUBU Hang Nadim pada tahun 2016 lalu, Erik telah lama bekerja di BP Batam di bagian Biro SDM.
Dari administrasi lalu ke bagian operasional, tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi Erik tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang penerbangan. Tetapi kemauan yang keras, banyak belajar dan banyak bertanya tentang dunia penerbangan, membuat pria asli Palembang ini mampu bertahan bekerja di Bandara Hang Nadim melayani calon penumpang pesawat yang akan berangkat maupun yang datang dan menggunakan jasa bandara itu. “Saya bisa bergabung dengan BUBU Hang Nadim itu tahun 2016 dengan mengikuti seleksi. Saya bersyukur bisa mendapatkan posisi ini. Meskipun basic pendidikan saya Ekonomi, tapi saya yakin dengan kemampuan yang saya miliki dapat memberikan kontribusi pelayanan lebih baik lagi kepada pengguna jasa bandara,” kata pria kelahiran 41 tahun silam.
Erik mengaku, bahwa awal ia bekerja di Bandara Hang Nadim, ia sempat ingin menyerah bekerja di bandara karena belum terbiasa bekerja di bagian operasional. Namun ia kembali meyakinkan dirinya, bahwa ini adalah jalan yang sudah ia pilih. Mau tidak mau harus dijalani. “Kalau bekerja di bagian administrasi setiap masalah yang ada diselesaikan satu per satu. Tapi kalau di bagian operasional itu, masalah yang satu belum selesai, kemudian datang lagi masalah baru. Awalnya memang cukup berat. Tapi saya meyakinkan diri, bahwa saya bisa,” ujarnya.
Lambat laun pria yang hobby traveling dan kuliner ini pun mulai mencintai pekerjaannya karena setiap hari ia bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan yang memiliki tujuan sama, yaitu menggunakan jasa bandara untuk melakukan perjalanan dengan transportasi udara. Semangatnya yang tinggi membuat ia tak sungkan untuk belajar agar dapat memiliki kompetensi terkait bidang penerbangan dan pelayanan bandara. “Sekarang sudah lebih baik. Yang penting kita mau bekerja keras, tidak malu untuk belajar dan bertanya, pasti kita bisa,” tutur Erik.
Semangatnya yang tinggi dalam diri Erik, membuat ia bertekad untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi BUBU Hang Nadim terkait pelayanan, kebersihan dan kenyamanan penumpang. “Saya yakin, dengan manajemen baru BUBU Hang Nadim, pelayanan dan kebersihan terminal akan meningkat sehingga penumpang pun nyaman berada di bandara ini,” tambah Erik. B