Moh Iksan Tatang

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto dok Ikhsan Tatang on . Posted in Information

Moh Iksan Tatang  atau yang dikenal dengan panggilan Pak MIT, setelah selesai bertugas sebagai PNS di lingkungan Kementerian Perhubungan pada tahun 2012 yang lalu, dengan jabatan terakhirnya sebagai Sekretaris Jenderal  yang diemban selama tiga tahun tiga bulan, namun Pak MIT masih mendapatkan penugasan sebagai Komisaris Utama PT Angkasa Pura II ( Persero ), yang diembannya sampai Oktober 2014.
Sedangkan Pak MIT sudah mulai bertugas di lingkungan Kementerian Perhubungan sejak Oktober 1977 dan sudah banyak mengalami penugasan, baik di pusat maupun di daerah, khususnya di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Jenderal, beberapa jabatan juga pernah disandang oleh Pak MIT, di antaranya adalah sebagai Inspektur Jenderal, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Direktur Bandar Udara, Kepala Direktorat Keselamatan Penerbangan, Kepala Bandara Hang Nadim, Batam, Kepala Bidang Perhubungan Udara Kanwil Perhubungan Provinsi Bali, Kepala Bandara Tabing Padang, Kepala Bidang Teknik Bandara Kanwil IV Perhubungan Udara, Makassar, Kepala Seksi Konstruksi Dit Pelabuhan Udara - DJU, Kepala Seksi Landasan Kanwil V Perhubungan Udara Jayapura.
Meskipun Pak MIT sudah selesai bertugas, namun sosoknya tidak serta merta berhenti bertugas. Rekan dan para koleganya memberikan kepercayaan pada dirinya untuk menjabat sebagai Ketua IABI, yang merupakan asosiasi ekspert atau ahli kebandarudaraan periode 2016 – 2019. Di masa kepengurusannya, selain melakukan pembenahan internal organisasi, IABI juga banyak melakukan kegiatan, seperti pelaksanaan FGD (Focus Group Discussion). Tidak hanya itu saja, Pak MIT juga aktif memberikan pelatihan-pelatihan dasar kebandarudaraan bagi para engineer atau staff yang bekerja di Konsultan, Kontraktor, Pengelola Proyek Bandara, dan lain sebagainya. Saat ini, IABI juga sedang fokus membentuk LSP Kebandarudaraan dengan dukungan dan bimbingan dari BNSP.
Kegiatan Pak MIT tidak hanya IABI saja. Sejak Oktober 2016, Pak MIT mendapatkan amanah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengemban tugas sebagai Dewan Komisaris di PT BIJB, selaku BUMD Provinsi Jawa Barat yang sedang membangun Bandar Udara di Kertajati, Majalengka, serta kawasan aerocity di daerah tersebut. Sesuai dengan rencana, dimana bandara ini akan beroperasi pada semerter II tahun 2018, baik penerbangan domestic maupun internasional.
Walaupun sudah berbagai jabatan sentral diemban oleh Pak MIT, ternyata masih ada satu obsesi yang sudah lama dicita-citakan oleh sosok Pak MIT, yaitu ingin mendirikan sekolah atau lembaga pelatihan yang khusus mendidik dan melatih petugas keamanan bandara (aviation security), termasuk pelatihan untuk petugas teknisi peralatan security bandara.
Cita-cita lamanya tersebut kini sudah terwujud dengan terbentuknya PT SSTDA (Safety Security Training Development Agency), yang berbasis IT (Program CBT) dan telah mendapatkan Izin  dan Rekomendasi serta Persetujuan dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara pada tanggal 30 Nopember 2017. Dengan adanya PT SSTDA ini diharapkan dapat membantu terselenggaranya secara baik Prosedur Pengamanan Penerbangan di Bandar Udara sesuai ketentuan yang berlaku.
Inilah Sosok Moh Iksan Tatang alias Pak MIT, yang sudah memasuki usia 66 tahun namun masih tetap energik dan terus berkiprah di dunia yang sudah digelutinya sejak tahun 1977. B