Pioneering Tertinggi PPU : Wujud Cinta Tanah Air

Ditulis oleh Teks dan foto dok PPU on . Posted in Information

Sebagia wujud cinta tanah air dan bangsa, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membangun pioneering bangunan tiang bendera tertinggi yang diklaim teringgi di dunia. Pioneering tersebut berhasil mengibarkan bendera merah putih berukuran 1.000 meter persegi pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di Pantai Corong, Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, pada Sabtu (28/10/2017).
Peresmian tower bendera dilakukan pada pukul 00.00 dilakukan oleh Kapolda Kalimantan Timur bersama jajaran Pemrov Provinsi Kaltim dan jajaran Pemkab Kabupaten PPU. Tower yang dibangun sangat istimewa karena menggunakan bahan-bahan lokal seperti, pohon kelapa, pohon nibung, bambu, tali dan kayu pemudar. Tower yang dibangun mencapai ketinggian 110 meter.
Inisiator kibar bendera, Supriadi menjelaskan, sebelumnya empat tahun lalu di Pantai Lamaru, Balikpapan, Kaltim telah menciptakan rekor tiang bendera setinggi 64 meter. Keberadaan tiang tertinggi tersebut mengalahkan rekor Malaysia. “Terwujudnya menara tersebut sebagai bentuk komitmen daerah Kaltim telah membuktikan kepada bangsa Indonesia, hanya bambu yang diuntai dan diikat menjadi arti kebangsaan,” ujarnya disela-sela acara.
Tower yang dibangun terdiri dari 2.500 batang bambu, 350 batang pohon nibung dan 120 batang pohon kelapa yang tertanam di kedalaman empat meter di dalam tanah. Untuk mengikat tower disediakan 2,5 ton tali berdiameter masing-masing delapan millimeter, 10 milimeter dan 12 milimeter sehingga terbentuklah sebuah bangunan tower pioneering.
 “Ini menjadi catatan sejarah bahwa sebelumnya di Kabupaten Situbondo Jawa Timur oleh 1.000 penyelam (top diving) Indonesia mengangkat bendera merah putih serupa dari dalam laut dan mengibarkannya, kini rekor tersebut telah bergeser di Bumi Benuo Taka PPU Kaltim,” ujar Supriadi. B