UNPAB : Aksi Kebangsaan Untuk Menjaga NKRI

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Release UNPAB on . Posted in Information

Rektor UNPAB Isa Indrawan hadir dalam Aksi Kebangsaan di Bali pada 25 - 26 September 2017. Seluruh Pimpinan perguruan tinggi Se-Indonesia menggelar Aksi  ini dilandasi keprihatinan atas munculnya ujaran kebencian dan paham kekerasan domba dan fitnah bernuansa SARA.
Acara tersebut diklaim merupakan hajatan terbesar yang melibatkan perguruan tinggi, karena dihadiri 4.000 pimpinan universitas, 432 Profesor, 1.127 Doktor dan 2.500 lebih Magister. Presiden Joko Widodo juga turut hadir untuk memberi pengarahan.
Dalam acara tersebut juga diselenggarakan seminar - seminar yang akan menghadirkan tokoh nasional. Aksi Kebangsaan tersebut bertujuan mencari solusi dan merumuskan langkah yang harus ditempuh menghadapi berkembangnya paham radikalisme yang semakin mengancam.
Menristekdikti Mohamad Nasir mengumpulkan para pimpinan Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Pertemuan tersebut mengambil tema Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme.
Menurut Rektor UNPAB M. Isa Indrawan, aksi tersebut sangat bagus dan agar selalu semangat dalam menjaga keutuhan bangsa dengan wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kegiatan aksi ini sangat bagus dan membuat kita agar selalu semangat menjaga keutuhan bangsa. Dengan demikian, maka 4 pilar kebangsaan akan berjalan mulus dengan dukungan kita bersama,” ujarnya.
Untuk ke depannya lanjut Isa, aksi - aksi seperti ini harus terus dilakukan, pemahaman pada Pancasila misalnya lewat pendalaman di kegiatan akademik mengenai sejarah lahirnya Pancasila dan mengapa harus ada kelima sila dalam Pancasila. “Perguruan Tinggi Indonesia harus menjadi pintu gerbang keberlangsungan Pancasila dan menjaga bingkai NKRI,” tegas Isa.
Sementara menurut Yudi Latif Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP), aksi ini merupakan aksi nyata bahwa dunia pendidikan, terutama pendidikan tinggi siap untuk meneguhkan sikap terhadap NKRI dan pilar kebangsaan lainnya.
Hadir sebagai narasumber dalam aksi tersebut antara lain adalah Kapolri Tito Karnavian dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius. B