Asal Muasal Nama Raja Ampat

Ditulis oleh Teks Erwin Nurdin, Foto Erwin Nurdin, Istimewa on . Posted in Information

Objek wisata Raja Ampat kini sudah menjadi idaman banyak orang, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Alam bawah lautnya yang indah mempesona menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke daerah tersebut.
Dari mana nama Raja Ampat berasal? Penuturan Abbas Linlati menarik untuk disimak. Menurut Anggota DPRD Kabupaten Raja Ampat tersebut, nama Raja Ampat berasal  dari nama empat raja atau Sultan dari Maluku Utara.
Keempat Sultan itu adalah Sultan Tidore, Sultan Ternate, Sultan Bacan dan Sultan Jaelali. “Secara geografis pengaruh dari empat Sultan tersebut ke arah timur hingga ke Papua Barat “ ujar Abbas.
Abbas selain menjadi anggota DPRD Kabupaten Raja Ampat,  dia pernah tiga periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Sorong.  Bupati Raja Ampat yang sekarang Abd. Faris Linlati, adalah putra Abbas.
Menurut Abbas, Pemerintah pusat harus konsisten mengembangkan Raja Ampat yang merupakan 10 destinasi wisata Nasional khususnya dalam mengembangkan akses transportasi dan memperpanjang landasan pacu Bandara Marinda.
“Bandara Marinda harus dikembangkan, termasuk memperpanjang runway nya agar pesawat besar bisa mendarat di Waisai,” ujarnya . B