Ajang Promosi : Festival Pantai Meleura Dan Festival Liangkabori

Ditulis oleh Teks dan Foto Kab Muna on . Posted in Destination

Kabupaten Muna di Sulawesi Tenggara menyimpan sejuta pesona.  Dengan destinasi yang  tersedia berpeluang untuk menjaring rupiah melalui pendapatan daerah maupun devisa yang dibawa oleh wisatawan.
Untuk menggaet pendapatan pemerintah daerah Kabupaten Muna terus menggenjot promosi agar wisatawan datang.  
Sukses dengan pelaksanaan Festival Pantai Meleura akhir Desember 2017,  kini mulai digagas Festival Gua Prasejarah Liangkabori yang di jadwal pada bulan April 2018 nanti.
Bupati Muna LM Rusman Emba  dengan semangat mempromosikan dan membangun infrastruktur pariwisata Kabupaten Muna, mengatakan bahwa Festival Liangkabori merupakan ajang mempromosikan destinasi wisata gua prasejarah Kabupaten Muna karena Gua Liangkabori merupakan gua prasejarah yang memiliki keindahan dan eksotik dan mempunyai ciri tersendiri karena merupakan gua ditemukannya layang layang tertua di dunia.
Untuk mendukung pelaksanaan festival dimaksud, kami mulai melakukan survey dengan melibatkan peneliti dan ahli gua dari Perancis.
Selain potensi gua prasejarah yang dimiliki Kabupten Muna, maka pada festival nanti merupakan ajang mempromosikan berbagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Muna seperti destinasi wisata bahari dan wisata budaya, wisata alam dan wisata kuliner yang terus dipersiapkan. Semua potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Muna akan diperkenalkan  pada setiap pelaksanaan event sehingga event ini akan merupakan event tahunan yang telah dikoordinasikan kepada Kementerian Pariwisata RI.
Sembari melakukan pembenahan infrastruktur secara terus menerus oleh Bupati Muna, maka tidak tanggung-tanggung  maskapai Garuda Indonesia yang selama ini hanya melakukan penerbangan tiga kali seminggu, kini telah menambah waktu penerbangan menjadi empat kali seminggu dari Makassar ke Muna .
Selain itu Wings Air yang setiap harinya melakukan penerbangan dari Makassar ke Muna (pp).  Hal ini tidak lain merupakan usaha Bupati Muna yang ingin memudahkan menjual destinasi wisata yg ada di Kabupaten Muna serta membuka peluang kepada wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara yg akan ke Kabupaten Muna. Demikian ditambahkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna H. Dahlan Kalega.  
Adapun destinasi wisata yang sudah siap untuk dijual antara lain destinasi wisata Pantai Meleura, destinasi wisata Pasir Putih Towea serta Napabale dan Pasir Putih Munante, demikian juga gua prasejarah Liangkabori dan Gua Lamburaya yang semuanya mempunyai keunikan dan nilai sejarah tersendiri sehingga akan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara yang akan berkunjung.  
Kehidupan manusia masa lalu tergambar dari gambar- gambar yang ada di dinding gua Liangkabori, Gua Lamburaya di desa Laiba Kecamatan Parigi dan gua-gua lain seperti Gua Kanulemba di daerah Liangkabori, Gua Lawou di Walengkabola, Gua Kamonu, Gua Laghontoge dan Gua Seribu Bintang yang berada di Kecamatan Tongkuno yang merupakan hasil temuan dari tim peniliti gua yang berasal dari Prancis baru baru ini di Kabupaten Muna. Sementara destinasi wisata Pasir Putih Towea yang berada di desa Lakarama Kecamatan Towea mempunyai panjang dan luas kurang lebih 4 km memiliki keindahan karena pasirnya berwarna kekuning-kuningan bila disinari matahari seperti emas, sehingga oleh Bupati Muna memberi nama Pasir Emas.
 Sedang Pantai Meleura adalah pantai air asin yg dikelilingi tebing-tebing dan pulau-pulau kecil, kalau diperhatikan akan melebihi Raja Ampat.  Destinasi wisata bahari lainnya adalah Pulau Munante yang terletak di Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna dan Air Terjun Kalima lima serta Pantai Walengkabola,  yang kesemuanya mempunyai keindahan tersendir,i sehingga semua destinasi tersebut menjadi perhatian LM Rusman Emba dalam mengembangkan destinasi wisata di Kabupaten Muna.
Pengembanngan infrastruktur terus dilakukan dengan mempromosikan destinasi wisata diberbagai kelembagaan termasuk di Kementerian Pariwisata, tidak lain hanya ingin mendapatkan dukungan pembiayaan karena dengan kemampuan APBD tidak mencukupi.
Semangat ini Insya Allah akan berbuah hasil karena dengan pelaksanaan event-event yang dilaksanakan di Kabupaten Muna, akan merupakan ajang dapat dibiayainnya berbagai pembangunan infrastruktur destinasi wisata yg digalakkan oleh Bupati Muna. B