Kepulauan Sombori : Surga Wisata Morowali

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Dok. Bandara Morowali, Istimewa on . Posted in Destination

Indonesia adalah negara sejuta pulau, dari Sabang sampai Merauke, hingga dari Miangas sampai Rote berjajar pulau-pulau nan eksotis dengan panorama pantai yang terbentang indah. Tak heran, jika Indonesia menjadi salah satu surga destinasi bahari di dunia, seperti Raja Ampat di Papua Barat. Keindahan alam bawah lautnya yang eksotis, mampu menghipnotis wisatawan dari berbagai belahan dunia, sehingga Raja Ampat menjelma menjadi primadona wisata bahari di Indonesia.
Tetapi sebagai negara kepulauan, Indonesia tidak hanya  memiliki Raja Ampat. Indonesia masih memiliki banyak destinasi wisata bahari yang tak kalah indahnya dari Raja Ampat, bahkan lebih indah dari Raja Ampat, di antaranya Kepulauan Sombori yang terletak di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.
Meskipun destinasi wisata ini tergolong baru, tetapi Pulau Sombori ini sudah digadang-gadang sebagai tempat wisata yang akan terkenal di masa depan. Pulau cantik ini juga sering dikatakan sebagai Raja Ampat-nya Morowali. Pulau Sombori tidak mewakili keindahan alam Raja Ampat saja, tetapi juga mewakili keindahan alam Bunaken dan Wakatobi.
Keindahan alam Pulau Sombori dapat terlihat dari gugusan pulau-pulau yang ada di sana. Di sekitarnya terdapat banyak tebing tinggi, sehingga membuatnya menjadi lebih eksotis. Pulau Sombori memiliki luas  yang tidak jauh berbeda dengan Raja Ampat, di Sombori juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Dua spot terbaik untuk melakukan snorkeling dan diving di Kepulauan Sombori adalah di Pulau Koko dan Pulau Dua Laut.
Kini, dengan hadirnya Bandara Morowali di kabupaten tersebut akses menuju Pulau Sombori pun menjadi lebih mudah karena telah tersedia penerbangan langsung dari Makassar – Morowali seminggu tiga kali yang dilayani oleh maskapai TransNusa. Dengan adanya bandara, tentu perekonomian daerah melalui pariwisata pun semakin meningkat karena transportasi udara yang lancar memudahkan wisatawan menuju destinasi wisata yang terdapat di Morowali. B