Raja Ampat Surga Tersembunyi

Ditulis oleh Teks dan Foto Vianty Manullang on . Posted in Destination

Secara umum Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang dan tersebar luas di seluruh wilayahnya. Kepulauan yang berada di ujung barat laut Papua ini memang sudah dikenal luas sebagai kawasan penuh tantangan bagi para penggila petualang. Sedangkan bagi para penyelam dalam dan luar Indonesia, Raja Ampat dianggap sebagai surga yang tidak dapat diungkapkan kata-kata.
Raja Ampat punya banyak diving sport yang digilai para diver dunia. Tidak hanya kekayaan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki banyak hal menarik di atas permukaan lautnya. Banyak sekali pantai-pantai yang indah tersebar di seluruh Kepulauan Raja Ampat. Selain itu, pulau-pulau yang membentuk deretan tebing tinggi pun banyak terdapat di Raja Ampat. Seperti yang terlihat di bukit Piaynemo ini.  Dari bukit gugusan pulau terlihat seperti layaknya gugusan bukit di Pulau Wayag yang telah menjadi ikon Raja Ampat. Bedanya, bentuk gugusan pulau karang di Piaynemo lebih kecil karena itu banyak yang menyebutkan Piaynemo sebagai Pulau Wayag mini.
Hutan-Hutan tropis pun tidak kalah menariknya, bahkan ada beberapa tempat seperti Desa Sawinggrai yang menyuguhkan pengalaman tak terlupakan yaitu bisa melihat burung Cendrawasih. Seperti yang kita ketahui, burung Cendrawasih adalah burung langka dan cantik khas Papua yang sering disebut sebagai burung surga.
Belum selesai sampai di kekayaan alam saja, Raja Ampat juga memiliki berbagai kebudayaan dan kesenian yang sangat unik dan menarik. Salah satunya adalah Desa Arborek. Desa yang berada di satu pulau kecil ini memiliki banyak sekali kesenian, mulai tarian-tarian tradisional, makanan sinole yang dibuat dari sagu, hingga kerajinan anyaman daun pandan khas arborek yang sudah diwariskan secara turun-temurun antar generasi.
Betapa kayanya alam dan budaya kepulauan Raja Ampat. sehingga membuat dunia berdecak kagum. Perlindungannya masih ada dan sangat terlindungi serta mampu memberi edukasi terhadap lingkungannya agar tidak merusak karang dan ikannya. kini Raja Ampat sudah menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di dunia. B