Kementerian Pariwisata : Gelar Consumer Selling d Mumbai

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin on . Posted in Destination

Kementerian Pariwisata melalui Deputi Pemasaran Luar Negeri menggelar event Cunsumer Selling di Mumbai India ditengah semakin meningkatnya minat calon wisatawan  dari negara dengan penduduk 1,3 miliar tersebut.

Pembukaan Consumer Selling dilakukan Konsul Jendral Republik Indonesia di Mumbai Saut Siringoringo, didampingi Head of Section of Special Interest Sales Mission for Asia Pacific Dian Lianingsih dan Station and Services Manager Garuda Indnesia untuk Mumbai Sampriyanto. Consumer Selling pada hari pertama ini selain dikunjungi warga Mumbai, pada acara pembukaan tersebut juga mengundang belasan media online dan cetak.

“Strategi Kementerian Pariwisata melakukan Consumer Selling sangat tepat yakni promosi kepada warga India yang memang sangat potensial berkunjung ke berbagai obyek wisata  Indonesia,” ujar Saut Siringoringo seperti dilaporkan wartawan Bandara Erwin Nurdin dari Mumbai.

Pada event itu mempromosikan ragam destinasi wisatanya di Indonesia, khususnya di kota Mumbai dengan judul Consumer Selling di India 2017. Bertempat di salah satu pusat perbelanjaan besar di kota Mumbai, yakni Mall Infinity Malad, pada 18-19 November 2017, promosi tersebut menyasar langsung masyarakat India.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Vinsensius Jemadu, mangatakan bahwa kegiatan Consumer Selling ini juga akan dimanfaatkan untuk menginformasikan kepada public India, berdasarkan informasi dari Pemerintah Provinsi Bali, bahwa saat ini Bali aman untuk dikunjungi setelah aktivitas kegempaan Gunung Agung menurun sejak beberapa waktu lalu. “Namun begitu, kami menghimbau bagi pengunjung atau wisatawan untuk tidak mendekati atau melakukan aktivitas wisata apapun di sekitar wilayah Gunung Agung” tambahnya kemudian.

Consumer Selling merupakan kegiatan business to consumer, dimana dalam kegiatan ini,selain menampilkan kebudayaan Indonesia dalam bentuk tari tradisonal dan Indonesia carnival, akan ada pula teknologi realitas virtual (VR) yang dipamerkan. Dengan peralatan VR itu, pengunjung bisa merasakan pengalaman unik dalam mencicipi ragam destinasi di Indonesia. Selain itu akan dihadirkan pula tempat untuk meminum kopi asli Indonesia dimana seorang barista akan melayani pengunjung dengan menyuguhkan kopi sambil menjelaskan asal usul kopi tersebut. B