Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji : Bak Galeri Seni

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in International

Jika Anda ingin berlibur ke India dan Mumbai atau Bombay adalah kota tujuan Anda di India, untuk mencapainya, maka Anda harus melewati Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Bandara Internasional Sahar. Siapa yang tidak mengenal Mumbai? Kota ini merupakan pusat hiburan dan komersial di India. Pusat perfilman Bollywood, kantor - kantor pemerintahan dan kantor penting lainnya berada di sana. Hal inilah yang membuat Mumbai menjadi Kota Metropolitan di negeri Hindustan itu.
Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji adalah bandara utama di Mumbai. Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di Asia Selatan dan di India dalam lalu lintas penumpang. Bandara ini dapat menampung 40 juta penumpang per tahun.
Saat berkunjung ke Mumbai, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur Bandara Internasional Chhatrapati Shivaj yang terlihat seperti galeri seni. Bandara ini didesain oleh Skidmore, Owings & Merill (SOM). Dengan desain terbaru, SOM sengaja menggabungkan pelayanan penumpang untuk tujuan domestik dan internasional. Tujuannya agar dapat mengurangi jarak yang harus ditempuh oleh para pengunjung, serta untuk mengoptimalisasi operasional logistik penerbangan domestik dan internasional.
SOM tidak hanya menunjukkan desain modern saja, tetapi juga juga memasukkan unsur - unsur lokal dan tradisional India yang kaya akan budaya pada Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji. Oleh karena itu, SOM membuat referensi bentuk vernakular paviliun India pada bangunan lantai empat, serta menempatkan podium utama sebagai “Headhouse”. Semua penumpang yang tiba di gedung terminal akan masuk melalui Headhouse di lantai empat. Selain itu, bangunan ini juga memiliki kanopi yang luas, sehingga dapat melindungi pengunjung bandara dari cuaca Mumbai yang tak terduga.
Ruang check in pada bandara ini didesain dengan dinding - dinding kaca tinggi yang terbuka. Di sini para pengunjung dapat menikmati kilauan cahaya yang indah. Sementara itu, di kanopi sengaja diselipkan potongan kaca - kaca kecil yang berwarna warni untuk memberikan cahaya yang indah setelah ruang check in. Hal ini memberikan efek ekor merak yang merupakan burung kebanggaan bangsa India dan sebagai simbol Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji.
Di terminal 2 bandara ini juga terdapat figura - figura kayu Rajasthan dan benda - benda seni khas India lainnya. Di tempat ini, terdapat 7.000 karya seni, sehingga menjadikannya sebagai museum terbesar di India. Museum di bandara ini dibagi menjadi 28 bagian, di mana setiap bagian memiliki kuratornya masing - masing. Museum yang berada di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji ini digadang - gadang sebagai museum yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di dunia dan mengalahkan Museum Louvre di Paris.  B