Bandara Princess Juliana : Tereksentrik

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Istimewa on . Posted in International

Bandara Princess Juliana atau yang lebih terkenal dengan nama Bandara Putri Juliana adalah bandara internasional yang terletak di Pulau Saint Martin, Karibia. Bisa dikatakan, bandara ini adalah salah satu bandara terekstrim di dunia. Pasalnya, saat lepas landas sang Pilot harus lihai membuat kelokan tajam untuk menghindari rangkaian pegunungan yang tak jauh dari ujung landasan.
Tercatat, pada tahun 2007, bandara ini melayani 1.647.824 penumpang dan 103.650 pergerakan pesawat. Sebagai bandara tersibuk, posisi Bandara Princess Juliana sangat berdekatan dengan Pantai Maho yang ramai dikunjungi turis, sehingga menyulitkan pilot saat akan mendaratkan pesawatnya di bandara yang memiliki panjang landasan pacu 2.180 meter itu. Pasalnya, saat mendarat, posisi pesawat hanya berjarak 20 meter saja di atas kepala turis yang sedang berjemur di pantai.
Bandara Princess Juliana juga telah menjelma menjadi salah satu tempat terfavorit di dunia untuk pengambilan gambar pesawat yang terbang rendah, baik oleh pecinta dunia penerbangan atau fotografer juga wisatawan yang ingin mengabadikan moment pesawat akan mendarat di bandara itu. Sehingga membuat bandara ini pun tidak hanya menjadi terekstrim, tetapi juga tereksentrik di dunia. Karena para turis tidak hanya dapat menikmati keindahan Pantai Maho yang bersih dengan air lautnya yang biru dan pasir putihnya yang berdekatan dengan salah satu ujung landasan pacu bandara itu.
Namun demikian, bandara ini merupakan bandara pusat untuk pulau - pulau sekitar yang lebih kecil, seperti Anguilla, Saba, St. Barthelemy dan Sint Eustatius. Juga untuk penghubung maskapai Windward Islands Airways. B