Bandara Queen Alia : Gerbang Utama Yordania

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Istimewa on . Posted in International

Setelah terlepas dari berbagai konflik yang terjadi, kini Jordan siap menyambut lebih banyak lagi turis internasional dari berbagai negara melalui Bandara Internasional Queen Alia sebagai gerbang utama.
Bandara Internasional Queen Alia adalah bandara yang terletak di area Zizya. Bandara ini berjarak 32 Km dari selatan Ibukota Yordania, Amman, dan merupakan bandara terbesar di Yordania. Bangunan bandara ini merupakan hasil rancangan dari Foster + Partners yang mengadopsi desain ramah lingkungan dengan sentuhan arsitektur tradisional Arab dalam wujud tenda - tenda khas Bedouin di sisi atap.
Bandara ini juga terdapat area terbuka yang memiliki banyak tempat duduk. Di tempat tersebut, orang - orang dapat berkumpul bersama, mengucapkan salam perpisahan atau menyambut sanak saudara setelah berpergian jauh.
Bandara yang resmi dibuka tahun 2013 lalu ini memiliki tiga gedung terminal yang terdiri dari dua terminal penumpang dan satu terminal kargo. Bandara ini memiliki panjang landasan pacu 3.660 meter dan merupakan tempat penghubung bagi Royal Jordanian Airlines, pembawa bendera nasional, serta menjadi pusat utama untuk  Jazeera Airways dan Yordania Aviation. B