Rute Toraja - Poso Segera Dibuka

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin on . Posted in Domestic

Kabandara Pongtiku Toraja Alek Rudi Nainggolan menginformasikan akan dibuka rute penerbangan baru tujuan Toraja-Poso dan Poso-Toraja. Rencana rute itu disosialisasikan di Poso pada Senin (23/4/2018). Sosialisasi ditujukan kepada pemerintah kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa dan masyarakat Poso.
Sosialisasi dilakukan langsung Kepala Bandara Pongtiku Alek Rudi Nainggolan, Kepala Bandara Kasiguncu Poso Sutrisno dan Kepala Dinas Perhubungan Poso Octovianus Lebang. Kegiatan dihadiri Plt Sekkab Yoksan Lakukua.
Alek mengatakan penerbangan Toraja-Poso akan dibuka guna mengefisienkan waktu tempuh masyarakat yang hendak bepergian dari Toraja ke Poso dan atau sebaliknya. Jika dengan moda transportasi darat Toraja-Poso di tempuh dengan waktu 26 jam, maka dengan pesawat cukup hanya dengan waktu tak lebih dari satu jam.
“Efisiensi waktu sudah tentu berdampak pada efisiensi biaya,” ujarnya. Menurut Alek, rute penerbangan Toraja-Poso juga di buka untuk menghidupkan ekonomi masyarakat dua daerah. Mengingat Toraja dan Poso sama-sama memiliki potensi besar bidang pariwisata yang diminati banyak wisatawan.
“Dengan adanya penerbangan Toraja-Poso kami optimis kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Poso dan Toraja akan lebih ramai. Karena transportasinya lebih cepat dan mudah,” katanya. “Kalau pariwisata ramai, maka pasti perekonomian masyarakat akan bangkit dan hidup,” katanya menambahkan. B