Bandara Bua : Bangun Guest House

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in Domestic

Pengelola Bandara Bua terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan bandara agar para calon penumpang menjadi lebih nyaman berada di bandara. Hal itu dapat terlihat dari pembangunan terminal baru penumpang yang dibangun lebih megah dan luas sehingga dapat menampung penumpang lebih banyak lagi.
Terminal penumpang yang saat ini digunakan oleh Bandara Bua luasnya hanya 250 meter persegi, sedangkan terminal baru bandara yang terletak di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu Raya, Provinsi Sulawesi Selatan, dibangun di atas lahan seluas 1.200 meter. “Rencana terminal baru ini dapat beroperasi sebelum Idul Fitri tahun ini dan masyarakat pun bisa merasakan pelayanan terminal baru Bandara Bua saat arus mudik tiba,” ujar Syarifuddin selaku Kepala Bandara Bua.
Selain membangun terminal baru yang lebih megah dan besar, pengelola Bandara Bua juga membangun sebuah guest house yang berjarak tidak jauh dari terminal penumpang. Menurut Syarifuddin, pembangunan guest house ini awalnya adalah agar dapat digunakan oleh tamu-tamu bandara yang datang berkunjung ke Bua dan sulit mendapatkan penginapan yang dekat dengan bandara. “Karena hotel atau penginapan lokasinya jauh dari bandara. Jadi, kami berinisiatif membangun guest house ini untuk tamu bandara,” katanya.
Guest house yang dibangun oleh pengelola Bandara Bua ini memiliki fasilitas yang lengkap. Meskipun baru memiliki tiga kamar, namun setiap kamar ini dilengkapi oleh AC, TV LED 32 Inch, kamar mandi yang dilengkapi dengan shower serta air hangat dan dingin. Selain itu, terdapat juga pantry yang dilengkapi dengan kulkas dan mini bar serta meja makan. “Guest house ini dibangun tahun 2017. Meskipun konsepnya guest house, tapi fasilitas guest house ini setara dengan hotel berbintang. Konsep kami tidak muluk-muluk, meskipun kecil tapi bermanfaat untuk orang banyak,” ujar Syarifuddin.
Kabandara juga menambahkan, bahwa untuk ke depannya tidak menutup kemungkinan guest house ini pun akan disewakan kepada umum sehingga menambah pendapatan bandara dan bisa menjadi inspirasi bagi pengelola bandara yang daerahnya tidak ada penginapan atau jauh dari penginapan. B