Bandara Bua : Tahun Ini, Perpanjang Jadi 1.600 Meter

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in Domestic

Berjarak 10 km dari Kota Palopo, Bandara Bua di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu Raya, Provinsi Sulawesi Selatan, kini semakin ramai oleh pengguna jasa bandara. Selain berada di lokasi yang strategis, kehadiran bandara ini juga dapat mendukung destinasi wisata Toraja hingga transportasi udara di daerah tersebut berjalan maksimal. Dari Luwu Raya menuju Toraja hanya menempuh waktu dua jam saja melalui jalur darat.
Kepala Bandara Bua Syarifuddin mengemukakan, tingginya animo masyarakat terhadap transportasi udara membuat pengelola bandara terus meningkatkan kualitas pelayanan di bandara itu. Salah satunya adalah berupaya menambah frekuensi penerbangan di bandara yang memiliki panjang landasan pacu 1.400 meter x 30 meter. “Sambil menyiapkan dan meningkatkan fasilitas pelayanan bandara, kami juga berusaha untuk menambah frekuensi penerbangan di bandara ini agar masyarakat memiliki banyak pilihan dalam menggunakan transportasi udara,” katanya.
Saat ini penerbangan di Bandara Bua sudah dilayani oleh maskapai Wings Air yang terbang setiap hari dengan rute Makassar – Palopo PP sebanyak satu kali dalam sehari dan Garuda Indonesia rute Makassar – Polopo PP yang terbang seminggu tiga kali, yakni hari Senin, Rabu, dan Minggu. “Penumpang pesawat di bandara ini penuh terus hingga load factor rata-rata diatas 90%. Kami juga sudah bicara dengan pihak airlines untuk menambah frekuensi penerbangannya ke Palopo, namun masih terkendala oleh armada yang dimilikinya saat ini masih terbatas,” sambung Syarifuddin.
Tahun ini, landasan pacu Bandara Bua akan diperpanjang menjadi 1.600 meter dan apron seluas 80 meter x 60 meter pun akan diperluas menjadi 120 meter x 90 meter. Pengembangan bandara ini selain untuk meningkatkan fasilitas bandara juga untuk mempersiapkan diri  ke depannya menjadi bandara alternative dari Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar. “Lahan yang tersedia dan dikuasai bandara saat ini bisa untuk memperpanjang landasan sampai 2.000 meter, namun kalau dibutuhkan masih tersedia lahan yang dapat dibebaskan untuk perpanjangan landasan sampai 2.500 meter. Bulan Januari lalu juga ada kunjungan dari Komisi V DPR RI ke Bua. Mereka minta bandara ini dapat didarati pesawat CRJ,” ujar Kabandara. B