Bandara FL. Tobing : Fasilitas Ditingkatkan, Penerbangan Berkembang

Ditulis oleh Teks Erwin Nurdin, Foto Erwin Nurdin & dok Bandara FL Tobing on . Posted in Domestic

Pergerakan pesawat datang dan pergi di Bandara FL. Tobing kini terus berkembang menyusul ditingkatkannya fasilitas dan infrastruktur di bandara yang menjadi pintu gerbang ke wilayah Tapanuli Tengah itu.
Selain faktor di atas, geliat ekonomi di delapan kabupaten di sekitar Tapanuli Tengah ikut mendorong perkembangan penerbangan tersebut. Masyarakat di delapan kabupaten itu kerap bepergian menggunakan moda udara melalui Bandara FL. Tobing.
Perkembangan penerbangan itu bisa dilihat dari pergerakan pesawat datang dan pergi di Bandara FL. Tobing yang mencapai 24 kali per hari. Atau ada 12 penerbangan yang melayani ke bandara tersebut.
Penerbangan rutin dari Kualanamu, Medan, ke Bandara  FL. Tobing menggunakan pesawat Wings Air dan Garuda Indonesia. Potensi pasar cukup tinggi karena penumpang FL Tobing berasal dari delapan Kabupaten di sekitar Tapanuli Tengah.
Apalagi setelah dibuka penerbangan langsung dari Jakarta – Sibolga yang diterbangi Garuda Indonesia sejak Juli 2014, menggunakan pesawat jenis Bombardir CR-100 kapasitas 98 seat, penumpang meningkat tajam.
Penerbangan langsung Jakarta-Sibolga dan sebaliknya diminati masyarakat. “Hampir setiap penerbangan penuh”, ujar Ambar Suryoko yang kini dipercaya mengemban tugas baru Kabandara Iskandar Pangkalan Bun. Diganti-kan oleh Tipriyanto selaku Plt Kabandara.
Selama empat tahun memimpin FL. Tobing, Ambar tidak hanya berhasil meningkatkan  jumlah pesawat yang terbang, tetapi juga memperluas apron dari 120 m x 80 m menjadi 132 m x 80 m, taxiway dan  merenovasi terminal dari 733 m2 menjadi 1.000m2 sehingga penumpang lebih lega dan nyaman. B