Bandara Internasional Hartsfield-Jackson : Tersibuk di Dunia 20 Tahun Berturut-Turut

Ditulis oleh Teks Jonggi Aldo, Foto Istimewa on . Posted in Domestic

Berdasarkan catatan, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta (ATL) pada tahun 2017 lalu melayani banyak penumpang serta lebih banyak melakukan pergerakan pesawat dibandingkan semua bandara di dunia. Hal ini pun diperkuat dengan pernyataan dari Airports Council International yang mengatakan, bahwa ATL adalah bandara tersibuk di dunia dalam 20 tahun berturut-turut.
Bandara yang terletak di Atlanta ini adalah hub utama untuk Delta Air Lines yang merupakan maskapai tersebesar di dunia. Bandara ini juga berfungsi sebagai pusat utama untuk perjalanan di seluruh Amerika Serikat. Selain itu, Bandara Hatfield-Jackson Atlanta merupakan satu-satunya bandara yang meraih 100 juta penumpang dalam satu tahun, dan tahun 2017 lalu adalah tahun ketiga bandara ini meraih pencapaian tersebut.
Sebagai hub utama untuk Delta Air Lines, maskapai terbesar di dunia, Atlanta berfungsi sebagai pusat utama untuk perjalanan di seluruh Amerika Serikat. “Hartfield-Jackson berhasil menggabungkan efisiensi dan jumlah penumpang, sehingga ATL tetap memastikan posisinya di industri penerbangan sebagai pemimpin di seluruh dunia dan bandara ini pun semakin memantapkan stastusnya sebagai pemutar mesin ekonomi di tenggara Amerika,” ucap Mayor Atlanta Keisha Lance Bottoms.
Di samping itu, General Manager Bandara Internasional Harfield-Jackson Roosevelt Council mengemukakan, bahwa manajemen ATL pada tahun lalu memutuskan untuk meningkatkan jumlah penumpang internasional serta angkutan kargo. “Tahun lalu kami memutuskan untuk meningkatkan jumlah pergerakan penumpang dan jumlah angkutan kargo. Kami senang melihat hasil dari kerja keras yang sudah kami lakukan,” ujarnya.
Usaha dari Tim Pengembangan Servis Udara di Bandara Hartsfield-Jackson menghasilkan peningkatkan cukup tinggi pada penumpang internasional yang terbang ke, dari, dan melalui Atlanta. Tahun 2017, ATL melayani 12.033.865 penumpang internasional dan jumlah ini meningkat sebanyak 4% dibandingkan tahun 2016 yaitu sebanyak 11.475.615 penumpang. Usaha pengembangan kargo juga terbayarkan, operasional kargo meningkat sebesar 5.66 persen dibandingkan tahun 2016. Secara keseluruhan, ATL melayani 103.902.992 penumpang pada tahun 2017, ¼ persen kurang dari 2016 yaitu 104.171.935 . ATL juga menjadi juara di seluruh dunia untuk jumlah pergerakan pesawat sebanyak 879.560 yang beroperasi pada tahun 2017. B