Bandara Hang Nadim : Melayani 23 Destinasi Bandara Dalam Negeri

Ditulis oleh Teks Erwin Nurdin, Foto Erwin Nurdin, Istimewa on . Posted in Domestic

Bandara Hang Nadim di Batam sekarang ini melayani penerbangan ke 23 bandara di dalam negeri dan satu bandara di luar negeri. Diharapkan ke depannya akan lebih banyak tujuan ke luar negeri, mengingat posisi Hang Nadim strategis untuk penerbangan internasional.
     Direktur BUBU Hang Nadim  Suwarso mengemukakan untuk penerbangan dalam negeri terhitung padat. Hal ini ditunjukkan dengan movement  168 kali per hari. Penambahan movement ini terhitung tinggi. Pada 2013 masih 101 pergerakan pesawat per hari, dan rata-rata selama 2017 sebanyak 133.
“Frekuensi penerbangan tertinggi adalah Jakarta - Batam atau sebaliknya,” kata Suwarso. Ini bisa dimaklumi karena geliat bisnis di Batam sangatlah tinggi mengingat kedekatannya dengan Singapura. Pelaku bisnis di Jakarta banyak yang punya usaha di Batam.
Menurut Suwarso, rute Batam – Jakarta mencapai 14 kali sehari. Selebihnya antara lain Batam – Balikpapan, Batam – Pontianak, Batam – Bali, Batam – Surabaya, Batam – Semarang, Batam – Yogyakarta, Batam – Bandung, Batam – Medan, Batam – Silangit, Batam – Padang, Batam – Bengkulu, Batam – Pekanbaru, Batam – Palembang, Batam – Lampung dan Batam – Natuna. Sementara rute internasional di antaranya Batam – Subang Malaysia.
Dari sejumlah rute itu tercatat pergerakan penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim sudah sebanyak 6,326 juta orang (data sampai Desember 2017) naik dibandingkan total tahun 2016 sebanyak 6,136 juta penumpang. Ke depan bandara ini kian sibuk karena prediksi penumpang terus bertambah. Diprediksi pada tahun 2020 jumlah penumpang 7,58 juta, tahun 2025 sudah menyentuh 11, 17 juta penumpang. B