Bandara Hang Nadim : Runway Terpanjang di Indonesia

Ditulis oleh Teks Erwin Nurdin, Foto istimewa on . Posted in Domestic

Bandara Hang Nadim di Batam sampai sekarang masih dikenal sebagai bandara yang memiliki landasan pacu ( runway ) terpanjang di Indonesia. Bahkan di kawasan Asia Tenggara, bandara ini masuk dalam daftar bandara yang memiliki runway terpanjang. Hang Nadim kalah panjang dibandingkan Bandara Kuala Lumpur (KLIA), namun lebih panjang dibandingkan Bandara Changi di Singapura.
Direktur BUBU Hang Nadim, Suwarso, mengemukakan sisi udara bandara itu adalah runway sepanjang 4.025 m x 45 m dengan kekuatan landas pacu PCN 85. Kapasitas apron untuk delapan pesawat berbadan lebar dan lima pesawat berukuran sedang atau 16 pesawat narrow body dan 5 pesawat ukuran sedang.
“Maka dari itu, dengan landasan pacu sepanjang itu bandara ini dinilai cocok untuk hub di Indonesia bagian barat,” kata Suwarso saat bertemu Majalah Bandara belum lama ini. Bahkan Bandara Hang Nadim juga layak untuk hub rute internasional.
Sejak diresmikan, bandara di Batam itu memang dipersiapkan untuk movement tinggi.  Bandara Hang Nadim diresmikan dan mulai beroperasi pada 1 Februari 1984 dan mulai melayani penerbangan internasional pada 5 Januari 1990. Nama Hang Nadim diambil dari nama seorang Laksmana termahsyur di Kesultanan Malaka yaitu Laksmana Hang Nadim.
Namun predikat bandara dengan runway terpanjang di Indonesia tampaknya akan dikalahkan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. Bandara ini dibangun dengan total panjang area runway mencapai 5.000 meter. Mencakup area runway sepanjang 3.600 meter, ditambah area runway en safety area (SESA).  B