Wings : Terbangi Manado - Kuabang Kao Setiap Hari

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin on . Posted in Domestic

Potensi alam Kabupaten Halmahera Utara dinilai bagus dan tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh wisatawan. Bagi masyarakat Indonesia yang ingin menikmati pesona kota kabupaten ini kini dapat ke sana melalui Manado.
Sejak 6 tahun lalu, Wings Air telah mengoperasikan rute penerbangan Manado-Kuabang Kao. Dengan menggunakan pesawat ATR seri 72, Wings Air sekali dalam sehari melayani masyarakat Indonesia yang ingin terbang ke Tobelo, di Kabupaten Halmahera Utara.
Kabupaten Halmahera Utara yang sebagian terletak di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu wilayah yang menjadi perhatian pemerintah. Tobelo adalah ibukota dari kabupaten Halmahera Utara yang dihuni sekitar 200.000 jiwa. Keberadaan bandara di pulau ini menjadi gerbang masuk yang penting baik bagi masyarakat maupun wisatawan asing dan domestik serta sebagai penunjang arus logistik di wilayah Halmahera Utara.
Bandara Kuabang Kao terletak di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara. Bandara ini merupakan salah satu pintu masuk melalui udara di Kabupaten Halmahera Utara.
Bagi wisatawan, ada hal menarik yang dapat dijumpai setibanya di bandara. Dalam laman dephub.go.id dikemukakan  wilayah Tobelo sempat menjadi daerah jajahan Jepang pada masa Perang Dunia ke II. Di ujung apron dekat gedung terminal bandara, terdapat situs bersejarah berupa sebuah bunker yang digunakan sebagai tempat persembunyian serdadu Jepang dari serangan sekutu yang dilestarikan. Bagi orang yang pertama kali pergi ke Tobelo, ini sangat menarik.
Kepala Bandara Kuabang Kao Samad Abdul bandara terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Kabandara menyatakan meskipun saat ini baru ada satu penerbangan tiap harinya namun jumlah penumpang selalu mencapai di atas 90% dari kapasitas pesawat. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke wilayah Halmahera Utara, baik untuk kegiatan pariwisata ke Morotai maupun untuk kunjungan lainnya. B