Bandara Kuabang Kao : Terminal Baru Tunggu Peresmian

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin on . Posted in Domestic

Masyarakat Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara,  pantas berbahagia. Bandara kebanggaan mereka, Bandara Kuabang Kao kini memiliki terminal baru.
     Terminal baru itu rencananya akan diresmikan pada Februari atau Maret 2018. Sekarang ini hanya tinggal menunggu area parkir untuk selesai. Fasilitas yang ditawarkan tentu lebih lengkap. Terminal juga mampu menampung penumpang lebih banyak dibandingkan sebelumnya.
Pembangunan yang dimulai sejak 2017 akan dilakukan bertahap setiap tahun. Hal ini agar semakin baiknya Bandara Kuabang Kao. “Dengan dibangunnya terminal baru, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas bagi pengguna jasa bandara, khususnya penumpang.” ujar Kepala Bandara Samad Abdul.
Apalagi Bandara Kuabang Kao sudah bisa dijadikan alternatif dari Bandara Sultan Babullah Ternate, jika pesawat mengalami hambatan mendarat di tempat itu. Landasan pacu Bandara Kuabang Kao sudah diperpanjang. Jadi pesawat berbadan lebar seperti yang selama ini melayani penerbangan dari dan ke Bandara Sultan Babullah Ternate sudah bisa mendarat di Bandara Kuabang Kao.
Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Babullah Ternate sering ditutup jika Gunung Gamalama di Ternate erupsi. Pesawat yang akan ke bandara itu terpaksa dialihkan ke Bandara Samratulangi Manado karena saat itu perpanjangan landasan Bandara Kuabang Kao belum selesai. Sekarang, Bandara Kao sudah bisa jadi alternatif. B