Bandara Sugimanuru : Runway Diperpanjang Jadi 1.850 m

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin on . Posted in Domestic

Untuk mengantisipasi perkembangan di masa mendatang, Bandara Sugimanuru di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara,  terus berbenah diri. Tahun 2020 direncanakan akan menambah panjang runway menjadi 1.850 meter.
Kepala Bandara Sugimanuru Mohamad  Saboe mengatakan saat ini panjang runway masih 1.600 m x 30 m. Dua tahun mendatang diharapkan bisa diperpanjang 250 meter sehingga total mencapai 1.850 m.
“ Rencana perpanjangan ini mengacu kepada masterplan yang ada,” kata Saboe ketika menjelaskan pengembangan bandara ke depannya.
Diharapkan dengan perpanjangan ini pesawat B737 seri 500 bisa mendarat. Dampak dari masuknya pesawat B737 seri 500 ke Bandara Sugimanuru adalah kian mudahnya akses ke luar. Jenis pesawat itu dapat mengangkut penumpang lebih banyak dan rutenya juga memungkinkan ke bandara-bandara lebih besar.
Bandara Sugimanuru saat ini menjadi salah satu bandara yang dikembangkan sepenuhnya selama dua tahun terakhir ini. Jika bandara di suatu wilayah beroperasi, akan dibarengi dengan peningkatan pertumbuham ekonomi. Inilah yang diharapkan pemerintah setempat.
Selain melayani rute Muna Barat-Makassar,  Pemkab Muna Barat berharap Bandara Sugimanuru ke depan bisa melayani rute lain.
Mohamad Saboe menambahkan untuk kebutuhan ke depan, Bandara Sugimanuru pada periode  2018-2019 diusulkan perluasan gedung terminal, perpanjangan apron dan kemudian landasan pacu. B