Bandara Morowali : Membuka Keterisolasian

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Dok. Bandara Morowali on . Posted in Domestic

Beruntunglah masyarakat Kabupaten Morowali di Sulawesi Tengah karena sekarang sudah ada Bandara Morowali. Keberadaan bandara itu memudahkan mereka bepergian. Mereka tidak lagi terisolasi. Sekarang akses masyarakat untuk menuju kota besar seperti Makassar kian mudah. Sebelumnya  akses hanya bisa ditempuh melalui jalur darat dengan kondisi jalan yang tidak begitu bagus serta banyak yang rusak. Tentu saja memakan waktu hingga belasan jam.
Seperti diceritakan Kepala Satuan Pelayanan Bandara Morowali Rizky Wahyudianto,  untuk sampai ke Ibukota Provinsi saja, yaitu Kota Palu, melalui jalur darat dari Morowali menghabiskan waktu perjalanan 12-14 jam. Sedangkan ke Makassar memakan waktu hingga 18 jam. “Yang paling dekat itu ke Kendari hanya memakan waktu 7-8 jam perjalanan darat,” katanya.
Sejak dibangun bandara pada tahun 2010 lalu, kehadirannya sudah dinantikan oleh masyarakat Morowali. Mekipun pada awal pembangunan Bandara Morowali terdapat sebagian masyarakat yang menentang pembangunannya karena para penentang itu  khawatir akan dampak dari pembangunan bandara, seperti lahan yang diambil untuk mendukung pembangunan bandara.
“Pada awal pembangunan ada sebagian masyarakat yang menentang pembangunan bandara ini karena takut lahannya diambil. Oleh karena itu, kami melakukan sosialisasi untuk memberikan pengertian terhadap masyarakat mengenai pentingnya sebuah bandara bagi perkembangan suatu daerah. Selain membuka keterisolasian juga untuk meningkatkan perekonomian daerah dan memudahkan akses keluar masuk Morowali melalui transportasi udara,” lanjut Kasatpel.
Rizky menambahkan pembangunan bandara yang selesai di tahun 2017 ini sudah memasuki tahap pengembangan sarana dan prasarana untuk beroperasi sesuai standar. “Fasilitas untuk pengoperasian bandara sudah lengkap sesuai dengan standar bandara. Salah satunya untuk keamanan, di security check in sudah dilengkapi dengan mesin x-ray,” jelasnya. B