Dukung Program Kawasan Ekonomi Khusus

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Dok. Bandara Morowali on . Posted in Domestic

Dalam mengembangkan suatu bandara di daerah, tidak hanya membutuhkan dukungan Pemerintah Pusat dan Pemda setempat saja, tetapi juga dukungan dari masyarakat sekitarnya.
Dukungan itu diperlukan  agar pembangunan bandara dapat selesai tepat waktu sesuai dengan harapan. Diharapkan pula masyarakat mengerti peran penting bandara bagi pertumbuhan ekonomi daerah, baik dari sektor pertanian, pertambangan maupun sektor pariwisata. Tujuan berikutnya adalah dapat membuka konektivitas daerah tersebut agar dapat terhubung dengan kota besar lainnya di Indonesia.
Oleh karena itu, sosialisasi mengenai peran dan manfaat bandara sangatlah perlu dilakukan terhadap masyarakat yang daerahnya akan dibangun bandara. Terutama bandara yang akan dibangun di daerah perbatasan, terluar dan terdalam yang sulit diakses melalui jalur darat maupun laut. Hal itulah yang dilakukan oleh pengelola Bandara Morowali.
Kepala Satuan Pelayanan Bandara Morowali Rizky Wahyudianto mengungkapkan dalam rangka persiapan pengoperasian bandara yang memiliki panjang landasan pacu 1.050 meter itu, pihaknya menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Penerbangan.
“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat  mengenai peraturan penerbangan yang berkaitan dengan masyarakat sekitar bandara, serta mengenalkan Bandara Morowali kepada masyarakat luas dan memberikan pengertian mengenai manfaat positif dan peran penting bandara bagi perkembangan daerah,” katanya.
Rizky juga menambahkan kehadiran Bandara Morowali tidak hanya membuka konektivitas daerah tersebut dari keterisolasian, tetapi juga untuk menunjang Kabupaten Morowali yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Morowali harus bisa segera diselesaikan.
“Morowali kaya akan hasil tambangnya dan perkebunan sawit. KEK Morowali sudah memiliki smelter dan pabrik stainless steel. Untuk menunjang KEK Morowali, maka harus didukung dengan infrastruktur sarana dan prasarana transportasi yang memadai, salah satunya adalah dengan membangun bandara untuk memudahkan aksesibilitas dan pergerakan orang di daerah tersebut,” ujar Kasatpel. B