P e r i n g k a t

Ditulis oleh Teks Toto TIS Suparto, Foto Istimewa on . Posted in Domestic

Peringkat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan tingkat atau pangkat. Namun jika ditelaah lebih jauh, peringkat itu mengandung makna perjuangan. Untuk mencapai tingkat tertinggi, atau tingkat lebih tinggi lagi, dibutuhkan perjuangan. Maka dari itu, ketika seseorang, atau institusi, lembaga, komunitas maupun kelompok apapun, memperoleh peringkat tertinggi, mereka akan mensyukuri bahwa perjuangan berbuah baik.
      Sebaliknya, jika peringkat yang diperolehnya di bawah ekspektasinya, maka perjuangan akan terus ditingkatkan. Di sini peringkat memberikan makna sebagai stimulus untuk berjuang lebih keras lagi. Target jelas : harus naik peringkat pada kesempatan lain.
Mari dilihat contoh di dunia kebandarudaraan. Bandara Award 2017 mengumumkan peringkat bandara-bandara yang disurvei dalam ajang tersebut. Peringkat pertama dinobatkan sebagai Bandara Terbaik di tahun ini. Sudah barang tentu bandara lain terpacu untuk berjuang agar di tahun depan bisa meraih predikat Bandara Terbaik, dan ini artinya harus menjadi peringkat pertama.
Jadi, adanya peringkat dalam Bandara Awards 2017 ini merupakan alat kontrol sejauh mana pelayanan bandara terhadap para penumpang. Peringkat ini tentu bertanggung jawab karena disusun berdasarkan survei langsung di bandara bersangkutan.
Ambil contoh lain dalam skala lebih luas. Misalnya belum lama ini diumumkan peringkat keamanan penerbangan Indonesia yang berada di  posisi 55 dari sebelumnya di level 151. Capaian yang bagus itu sekaligus membuat Indonesia menjadi negara nomor dua di Asean dengan penerbangan paling aman.
Apa arti peringkat ini? Inilah sebuah hasil perjuangan panjang untuk mewujudkan keselamatan penerbangan di Tanah Air. Lalu apa keuntungannya peringkat itu buat Indonesia ? Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan naiknya peringkat Indonesia, maka maskapai-maskapai di Tanah Air bisa membuka penerbangan ke kawasan Eropa. Itu artinya, maskapai Indonesia bisa melakukan ekspansi bisnis yang lebih luas.
Selain itu, sektor pariwisata di dalam negeri juga akan terkena dampaknya. Sebab, akan semakin banyak turis asing yang mengunjungi Indonesia. “Dengan tingginya performance ini ada kepercayaan dunia terhadap penerbangan Indonesia. Akan menarik turis atau pebisnis  ke Indonesia. Ini yang kita harapkan. Sehingga bisnis jadi  berkembang,” kata Menhub.
Kini menjadi jelas bahwa peringkat mempunyai makna penting. Bukan sekadar pajangan bernomor, tetapi menjadi alat pengukur sekaligus pemicu untuk berbuat lebih baik lagi. Tinggal kini yang patut dilihat adalah kredibilitas lembaga pemberi peringkat tersebut. Berbagai kalangan bisa menilai kredibilitas itu dari rekam jejaknya. B