Bandara Letung : Setahun Beroperasi, Tahun ini Nominasi, Tahun Depan Lebih Baik Lagi

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in Domestic

Sejak resmi beroperasi pada 22 November 2016, pelayanan dan fasilitas di Bandara Letung terus ditingkatkan. Kehadiran bandara yang terletak di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri, tidak saja memudahkan akses masyarakat untuk menuju dan menghubungkan ke kota besar lainnya, tetapi juga membantu meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.
Bandara ini berhasil dibangun karena kerjasama Pemda Kabupaten Kepulauan Anambas, Pemda Provinsi Kepulauan Riau dan Kementerian Perhubungan. Di mana sisi udara Bandara Letung dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan yang dimulai sejak bulan Juli 2014.
Bandara Letung, meskipun status bandara ini masih satpel dan berada di bawah wilayah kerja Bandara Dabo yang terletak di Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, tetapi kerja keras pengelola bandara kebanggaan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas itu patut diacungi jempol. Baru satu tahun beroperasi, Bandara Letung berhasil masuk nominasi Bandara Awards 2017 dalam kategori UPBU Kelas III Penerbangan Perintis bersanding dengan bandara-bandara lainnya yang sudah lebih dulu hadir melayani penerbangan perintis seperti Bandara Dabo.
Kepala Satuan Pelayanan Bandara Letung Ariadi Widiawan mengemukakan, meskipun hanya masuk sebagai nominasi di Bandara Awards 2017, tapi baginya itu merupakan sebuah kebanggaan. Karena kerja keras pengelola Bandara Letung mendapatkan apresiasi. “Kami bersyukur, meskipun hanya sebagai nominasi. Dengan adanya Bandara Awards ini menjadi pacuan kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas agar penumpang pun merasa nyaman dan puas menggunakan jasa Bandara Letung,” katanya saat ditemui dalam acara Malam Penganugerahan Bandara Awards 2017.
Tahun ini adalah tahun pertama Bandara Letung masuk sebagai peserta Bandara Awards 2017. Meskipun baru pertama kali, tetapi Bandara Letung mampu bersanding dengan bandara besar lainnya.
Bandara Awards merupakan event bergengsi yang diselenggarakan oleh Majalah Bandara setiap tahun. Tahun 2017 adalah tahun ke-9 digelarnya Bandara Awards. Penilaian Bandara Awards dilakukan melalui survei langsung ke penumpang yang akan berangkat juga melalui penilaian dari tim juri yang berkompeten dalam bidangnya, seperti Herry Bakti S. Gumay selaku Ketua Dewan Juri. Saat tim survei Bandara Awards 2017 melakukan survei di Bandara Letung, tampak terlihat antusias penumpang di Bandara Letung saat mengisi kuesioner yang dibagikan oleh tim survei. “Tahun ini sebagai nominasi, tahun depan dan seterusnya akan menjadi yang terbaik. Kami akan terus meningkatkan kualitas dan pelayanan, tidak hanya untuk Bandara Awards semata, tetapi juga untuk masyarakat luas yang menggunakan jasa Bandara Letung,” tutup Ariadi. B