Bagian Keuangan dan BMN Dirjen Hubud : Monitoring Berbasis Aplikasi

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in airport-services

Senin, 19 Maret 2018, bagian Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Pembinaan Penyelenggaraan dan Monitoring Pengelolaan Anggaran TA. 2018 di Swiss-Bellin Kemayoran, Jakarta.
Kepala  Bagian Keuangan dan Barang Milik Negara Safruddin mengemukakan, bahwa diselenggarakannya acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran Perhubungan Udara tahun 2018. “Pembinaan ini untuk melakukan percepatan pelaksanaan anggaran yang dimulai dari pelelangan hingga realisasi anggaran. Lelang tidak hanya bisa dilakukan setelah keluar dipa, tapi juga sebelum keluar dipa sudah bisa melakukan lelang tidak mengikat. Jika anggarannya tidak keluar, maka lelang dihentikan,” katanya.
Safruddin juga menambahkan, selain meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran, acara yang diselenggarakan pada tanggal 19 – 22 Maret 2018 itu juga bertujuan untuk memberikan pengarahan dalam melakukan monitoring anggaran melalui E-Monitoring berbasis aplikasi. “Dengan menggunakan system yang berbasis aplikasi, tentu monitoring anggaran pun menjadi lebih mudah. Karena dalam aplikasi tersebut sudah terdapat berbagai program kegiatan bandara tersebut, baik pengadaan barang maupun pengembangan bandara,” ujarnya.
Acara yang diikuti oleh 172 KPA, PPK dan operator monitoring itu dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap pertama yang diselenggarakan pada 18 – 20 Maret 2018 dan pesertanya adalah satker yang berada di wilayah barat. Sedangkan tahap kedua diselenggarakan pada 20 – 22 Maret 2018 dan pesertanya adalah satker yang berada di wilayah timur. “Kabandara itu otomatis menjadi KPA. Di Indonesia terdapat 172 satker dan setiap KPA memiliki operator monitoring,” tutupnya. B