Menhub Budi Karya: Pasar Domestik Juga Butuh N219

Ditulis oleh Teks Toto TIS Suparto, Foto Istimewa on . Posted in airport-services

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi  langkah PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang gencar mempromosikan pesawat N219 untuk pasar luar negeri, namun begitu diingatkan agar tidak lupa menggarap pasar domestik.
Apresiasi itu disampaikan Menhub saat meninjau langsung gerai PT Dirgantara Indonesia dalam acara Singapore Airshow 2018, Selasa (6/2/2018), di Singapura. Saat ini pesawat N219 masih dalam tahap sertifikasi oleh Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
“Setelah bisa pasarkan di luar negeri, kita harus pakai ini. Kita tahu di Papua, Kalimantan Utara, Aceh butuh pesawat kapasitas 14 orang, satu kemampuan yang bisa mendarat di landasan pendek dan bahan bakar efisien ini menjadi catatan keunggulan N219,” kata Menhub mengungkapkan keunggulan N219. Maka dari itu Menhub senantiasa memperkenalkan pesawat N219 dalam berbagai kesempatan. Tidak hanya ke negara-negara luar tapi juga ke pemerintah daerah di Indonesia. “Gubernur kalau datang saya tawarkan untuk membeli. Sehingga nantinya mereka tidak bergantung lagi”.
Namun begitu Menhub mengingatkan pula langkah-langkah ideal jika pemerintah daerah akan membeli N219 ini. Misalnya, lanjut Menhub, lima  kabupaten punya lima pesawat dikelola oleh satu  company. Langkah  itu lebih baik daripada satu  kabupaten punya satu pesawat sehingga pengoperasian, maintenance menjadi lebih efisien.
Terkait pasar dalam negeri, Direktur Utama PTDI Elfien Guntoro mengemukakan beberapa yang sudah memesan N219 diantaranya BUMN Pelita, maskapai Trigana, Pemda Aceh, Pemda Kaltara, dan Pemda Papua. Ia menambahkan tahun 2018 ini ditargetkan sebanyak 100 pesawat N219 dipesan.“Target minimal 100 unit pesawat N219 tahun ini agar bisa produksi yang lebih efisien. Kita targetkan dalam 1 bulan 4 (pesawat diproduksi) untuk target 3 tahun depan,” katanya. Saat ini sudah banyak negara yang memesan pesawat N219 Nurtanio seperti Turki, Malaysia, Vietnam, China, dan beberapa negara lainnya. (*/B)