Tahun 2017 Penumpang Pesawat 128 Juta

Ditulis oleh Teks Toto TIS Suparto, Foto Istimewa on . Posted in airport-services

Total jumlah penumpang yang diangkut pesawat selama tahun 2017 mencapai 128 juta orang. Mereka terbang pada rute domestik dan internasional. Untuk mengantisipasi pertumbuhan penumpang diperlukan kesiapan bandara.
Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso menyampaikan beberapa hal yang telah berhasil dicapai oleh penerbangan Indonesia. Di antaranya adalah  total jumlah penumpang pesawat yang diangkut tahun 2017 mencapai 128 juta penumpang domestik dan internasional. Kemudian kargo yang diangkut mencapai 1,1 juta ton sebanyak 509 rute. Sedangkan pada tahun 2016 sekitar 116,8 juta penumpang dan kargo yang diangkut sebanyak 1 juta ton sebanyak 471 rute.
“Untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang semakin bertambah, perlu ditunjang kesiapan bandaranya,” jelas Dirjen di Jakarta, Selasa (20/2/2018), saat menjadi pembicara kunci pada acara Expert Talk: Aviation Industri di Hotel Margo, Depok. Acara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Indonesia ini dalam rangka Industrial And Systems Engineering Competition (ISEEC) 2018. ISEEC merupakan lomba internasional terkait keilmuan teknik industri.
Kesiapan bandara, lanjut Dirjen sebagaimana dimuat pada laman dephub.go.id,  baik dari segi penyediaan dan peningkatan kapasitas bandara beserta fasilitas yang menunjang. Juga perlu peningkatan segi kualitas pelayanan bandar udara mulai dari kedatangan hingga keberangkatan penumpang.
“Selain itu, peningkatan jumlah penumpang, membuat banyak maskapai penerbangan didirikan namun juga berimbas semakin ketat persaingan antarmaskapai. Untuk itu setiap maskapai harus selalu meningkatkan pelayanan penumpang selama di darat dan udara,” katanya.(*/B)