Menhub: Kontraktor Utamakan Keselamatan

Ditulis oleh Teks Toto TIS Suparto, Foto Istimewa on . Posted in airport-services

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada para kontraktor yang memperoleh pekerjaan di lingkungan Kementerian Perhubungan untuk mengutamakan keselamatan kerja para pekerja. Jika terbukti mengabaikan keselamatan kerja tersebut, maka Kemenhub akan memberikan  sanksi.
Menurut Menhub, terdapat dua klasifikasi dalam pemberian sanksi tersebut. Pertama, jika melakukan kesalahan medium seperti keterlambatan waktu proyek pekerjaan dan membuat biaya proyek lebih mahal diberikan hukuman tidak kembali menggarap proyek tersebut.
“Kedua jika kesalahan fatal hingga kecelakaan, menurut saya harus ada sanksi katakanlah tidak ada pekerjaan satu tahun atau black list,” kata Menhub  saat ditemui wartawan di Stasiun Cakung, Jakarta, Minggu (18/2/2018).
Menhub Budi Karya meminta kepada seluruh kontraktor yang menggarap proyek-proyek Kemenhub agar jangan terpaku pada target penyelesaian pekerjaan. Jangan asal cepat, tetapi harus mengutamakan keselamatan selama pembangunan. “Kontraktor harus utamakan safety. Kalaupun dipercepat, saya pikir mereka tidak ada masalah karena  memang kaidah-kaidah yang kita mintakan kepada mereka selalu harus mengawal apa yang mereka kerjakan,” katanya. (*/B)