3 Tahun BIJB : Ikut Membangun Perekonomian Jawa Barat

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in airport-services

Pada 24 November 2017 Bandar Udara Internasional Jawa Barat genap berusia tiga tahun. Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-3 itu, Bandar Udara Internasional Jawa Barat menyelenggarakan pesta rakyat pada 25 November 2017. Pesta bertajuk Kertajati Festival diselenggarakan di halaman parkir BIJB. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan staf, Pemda Jawa Barat, Pemkab Majalengka dan stakeholder.
Kertajati Festival memperoleh respon bagus dari masyarakat sekitar. Hal ini dapat terlihat dari tingginya animo masyarakat yang menghadiri acara tersebut. Apalagi manajemen BIJB juga membagikan berbagai hadiah menarik untuk masyarakat Kertajati dan sekitarnya yang menghadiri festival itu. Salah satunya hadiah itu adalah umroh gratis buat enam orang terpilih.
Direktur Utama Bandar Udara Internasional Jawa Barat Virda Dimas Ekaputra mengemukakan lewat Kertajati Festival itu diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih dekat tentang bandara. Dulu,  awal pembangunan bandara tidaklah mudah. Masyarakat setempat banyak yang menolak pembangunan bandara dan juga banyak pihak yang meragukan  pembangunan bandara  dapat diselesaikan tepat waktu. Sekarang, kehadiran bandara itu dinantikan oleh masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya dari berbagai kalangan serta investor.
“Perayaan ulang tahun yang ke-3 selain sebagai bentuk rasa syukur kami, juga untuk mengenalkan bandara ke masyarakat. Kehadiran BIJB semoga bisa memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat. Saat ini mungkin dampak positif itu belum terlihat, tetapi dampak positif itu akan terasa untuk jangka panjang,” kata Virda. B

 

Mencapai 70%

Ia juga memaparkan secara keseluruhan pembangunan bandara yang rencananya akan dilengkapi dengan dua buah runway sepanjang 3.500 meter x 60 meter dan 3.000 meter x 60 meter itu sudah mencapai 70%.
“Secara keseluruhan pembangunan bandara sudah mencapai 70%. Bagian dalam gedung terminal terutama lantai 1 proses pembangunannya sudah mencapai 95% dan sedang dalam tahap finishing,” kata Virda.
Virda juga optimis pembangunan bandara kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu dapat selesai tepat waktu dan soft launching  BIJB pada 1 April 2018 pun dapat terwujud.
Jika sudah operasional, lanjut Virda, kehadiran bandara di tengah-tengah masyarakat Kertajati pun diharapkan dapat meningkatkan  perekonomian daerah setempat. “Di dalam pembangunan bandara ini ada investasi dari pihak lain. Kami sangat optimis pembangunan BIJB dapat selesai tepat waktu dan dapat menghasilkan income  yang baik untuk membangun perekonomian di timur Jawa Barat,” ujar Virda.
Selain menggenjot pembangunan bandara agar selesai tepat waktu, saat ini pengelola bandara pun sedang membangun akses jalan utama menuju BIJB, yaitu membangun jalan tol bandara. “Bandara ini harus ada. Keinginan pemerintah, BIJB bisa menjadi penyangga Bandara Soekarno – Hatta. Jalan utama menuju bandara sedang dalam proses pembangunan, salah satunya adalah jalan tol bandara. Adanya Tol Cipali saat ini juga memudahkan akses menuju BIJB,”  katanya. B