Scoot : Ekspansi ke Jerman

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in International

Maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC/Low-Cost Carrier) milik Singapore Airlines, yakni Scoot, terus melakukan ekspansi dengan membuka rute baru Singapore – Berlin yang rencananya akan terbang perdana pada tanggal 20 Juni 2018 demi memenuhi permintaan yang terus meningkat terhadap penerbangan jarak jauh dengan biaya murah. Rute penerbangan ke Berlin adalah rute jarak jauh ketiga yang diterbangi oleh Scoot setelah Athena, Yunani dan Honolulu, serta Amerika Serikat.
Chief Commercial Officer (CCO) Scoot Vinod Kannan mengemukakan, sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah, pihaknya terus mencari destinasi terbaru yang menarik untuk ditawarkan kepada para penumpang dan salah satunya adalah Berlin, Ibukota Jerman. “Berlin adalah kota modern yang menarik dan memiliki kekayaan sejarah, seni dan budaya. Tahun 2006 lalu, UNESCO menetapkan Berlin sebagai Kota Desain dan menjadi bagian dari Creative Cities Network UNESCO. Bahkan Berlin telah menempati peringkat kota terbaik dunia untuk millennial, sehingga sangat cocok dengan target pasar Scoot,” katanya.
Di samping itu, Director Marketing & Sales German National Tourist Office (ASEAN) Chun Hoy Yuen mengungkapkan, bahwa berdasarkan catatan sepanjang tahun 2014 – 2016, kunjungan dari Indonesia ke Jerman meningkat menjadi lebih dari dua kali lipat, yakni dari 50.000 kunjungan menjadi  110.000 kunjungan. Sehingga menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara dari segi lalu lintas global ke Jerman. “Di antara kota lainnya di Jerman, Berlin merupakan kota dengan kunjungan terbesar kedua dan penggerak pariwisata inbound sejak tahun 2016,” ujarnya.
Rencananya, Scoot akan menerbangi rute Singapore – Berlin seminggu empat kali dengan menggunakan pesawat berbadan lebar dengan gang ganda Boeing 787 Dreamliner. Scoot sudah beroperasi sejak bulan Juni 2012 dan telah mengoperasikan 16 pesawat berbadan lebar Boeing 787 Dreamliner dan 24 pesawat Airbus A320 yang baru serta modern. Selain itu, empat pesawat Boeing 787 Dreamliner dan 39 pesawat Airbus A320Neo yang saat ini delam proses pemesanan. Di samping itu, Scoot juga sudah melayani 63 destinasi di 17 negara, salah satunya adalah Pekanbaru yang akan segera bergabung dalam jaringan Scoot. B