VietJet : Memperkenalkan A321Neo Pertama di Asia Tenggara

Ditulis oleh Teks Jonggi Abialdo, Foto Istimewa on . Posted in International

VietJet menjadi maskapai pertama di Asia Tenggara yang memesan A321neo (opsi mesin baru) setelah pesawat airbus tersebut mendarat di Bandara Internasional Tan Son Nhat dari Hambur, Jerman. Pesawat A321neo yang diregistrasikan sebagai VN-646, ditenagai oleh mesin GTF generasi terbaru dari Pratt & Whitney.
Disiapkan dengan 230 kursi berlapis kulit yang nyaman dan karpet kualitas tinggi, lima baris pertama dari A321neo milik VietJet telah didesain khusus untuk mengakomodasi penumpang yang terbang dengan Skyboss, layanan premium milik maskapai. Interior pesawat juga menampilkan sistem pencahayaan LED yang berubah-ubah dan dekorasi yang menarik untuk membuat suasana yang nyaman dan menyegarkan diseluruh kabin.
Pesawat A321neo yang terbaru menggabungkan desain mesin yang paling mutakhir, sistem aerodinamika terdepan, dan inovasi pada kabin. Menurut Airbus, mesin GTFnya menawarkan pengurangan yang signifikan pada konsumsi bahan bakar, setidaknya 16% sejak hari pertama dan 20% pada 2020, dan juga 75%  pengurangan suara dan 50% pengurangan emisi. Mesin ini pertama kali diperkenalkan oleh Pratt & Whitney pada tahun 2016. VietJet merupakan salah satu maskapai pertama yang menggunakan mesin tersebut pada pesawatnya. A321neo juga merupakan pesawat ke 17 yang dikirimkan kepadaVietJet dari Airbus dalam tahun 2017.
Pesawat baru ini akan mulai beroperasi di rute domestik dan internasional ke dan dari Vietnam pada Januari 2018. Pada saat penerimaan pesawat, VietJet juga mengumumkan keputusannya untuk men-upgrade pesanan yang telah dibuat untuk 42 pesawat A320neo ke model yang lebih superior dan besar, A321neo. Maka, VietJetkini memiliki total pesanan 73 pesawat A321neo dan 11 pesawat A321ceo, seperti ditulis aviationpros.com. B