Airbus & Planet Communication Asia Public : Kerja sama Layani Satelit Komunikasi Militer

Ditulis oleh Teks Suwantin Oemar, foto istimewa on . Posted in International

Airbus menjalin kerja sama dengan Planet Communications Asia Public Co., Ltd. (PlanetComm) sebagai mitra kanal terbaru untuk pelayanan komunikasi satelit militer Skynet 5, serta memperluas kerja samanya dengan Speedcast.
Sesuai  kesepakatan kerja sama ini, PlanetComm dan Speedcast akan menawarkan Skynet X-band dan layanan UHF sebagai bagian dari portofolio satelit komunikasi mereka.
Speedcast telah memberikan pelayanan komunikasi taktis yang aman kepada pemerintah Australia dan Selandia Baru sejak September 2016. Kini, kerja sama tersebut telah diperluas untuk mencakup pula pelanggan di Filipina.
Di samping itu, Speedcast juga mewakili Airbus dalam mengelola fasilitas stasiun peranti di Asia untuk satelit militer Skynet 5A yang berbasis di pangkalan Speedcast di Adelaide, Australia.
Menurut siaran persnya, kerja sama yang baru saja ditandatangani dengan PlanetComm meliputi Thailand, serta memperluas penawaran produk mereka ke pasar militer. “PlanetComm merupakan salah satu pemimpin teknologi telekomunikasi dan TV digital di kawasan ASEAN dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam memberikan layanan komunikasi yang tahan uji.”
Airbus bekerja sama dengan sejumlah penyedia jasa dalam sebuah skema kemitraan untuk menghadirkan layanan komunikasi satelit militer Skynet yang berketahanan tinggi di kawasan Asia Pasifik.
Richard Franklin, Head of Secure Communications di Airbus Defence and Space, mengatakan: “Ini merupakan langkah positif untuk terus meningkatkan kemitraan kami dengan Speedcast dan PlanetComm, khususnya di negara-negara yang dapat memperoleh keuntungan dari kapabilitas unik armada Skynet.” B