Menhub di BIJB Kertajati: Pembangunan Bandara Segera Rampung

Ditulis oleh Zainal Arifin on . Posted in Domestic

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa (17/4/2018) lalu mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Presiden melihat sejumlah pembangunan di bandara tersebut. Saat itu Presiden Jokowi yang tiba pukul 14.30 WIB dengan menumpang helikopter mengenakan rompi merah dan helm proyek.
Setibanya di kawasan bandara, Presiden  Jokowi segera masuk ke dalam terminal. Kepala Negara melihat  maket dari bandara tersebut, bersama Menhub Budi Karya, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, dan Dirut AP II Muhammad Awaluddin, serta Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra.
Setelah melihat maket bandara, rombongan naik ke bagian lantai dua. Di lantai dua itu Presiden Jokowi bisa melihat landasan pacu dari balik jendela. Presiden Jokowi juga mengecek conveyor belt dan bagian-bagian lain. Sekitar pukul 15.30 WIB peninjauan berakhir dan Kepala Negara meninggalkan bandara menumpang helikopter.
Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden sempat berbicara singkat dengan wartawan. Presiden Jokowi menyebutkan bandara  bisa diuji coba pada bulan depan (Mei). “Nanti bulan depan sudah akan kita coba mulai,” kata Presiden Jokowi di lokasi proyek Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.
Menteri Perhubungan membenarkan hal itu. Menhub mengatakan pembangunan bandara diharapkan rampung pada awal Mei 2018. Setelah rampung, pada pekan ketiga Mei akan dilakukan peresmian pendahuluan atau soft launching. Menhub pun akan meminta Presiden Joko Widodo untuk meresmikan bandara tersebut sehingga bisa dipakai untuk mudik.
 Berdasarkan data Kementerian Perhubungan per April 2018, pembangunan dari sisi darat mencakup terminal, garbarata, dan lain-lain sudah mencapai 91,07%. Sementara, untuk sisi udara meliputi runway dan apron sudah 100%. (*/B)