Bandara Matahora : Garuda Indonesia Terbangi Wakatobi

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Istimewa on . Posted in Domestic

Selasa, 26 Desember 2017, maskapai Garuda Indonesia menggunakan pesawat type ATR 72-600 dengan mulus mendarat perdana di Bandara Matahora yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.
Kepala Bandara Matahora Sarmin mengemukakan, dengan masuknya maskapai Garuda Indonesia yang melayani rute penerbangan Kendari – Wakatobi PP sebanyak empat kali dalam seminggu itu diharapkan dapat menekan harga tiket ke Wakatobi yang merupakan salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas nasional menjadi lebih terjangkau. “Selama ini tiket pesawat ke Wakatobi terbilang cukup tinggi karena baru dilayani oleh satu maskapai saja, yaitu Wings Air. Sedangkan animo masyarakat terhadap transportasi udara di sini sangat tinggi. Dengan bertambahnya maskapai yang terbang ke Wakatobi, diharapkan harga tiket pun menjadi terjangkau,” katanya.
Sebagai salah satu desinasi wisata prioritas nasional, tentu harus didukung oleh aksesibilitas yang memadai. Salah satunya adalah melalui infrastruktur pengembangan Bandara Matahora, yang setiap tahunnya pertumbuhan penumpang pesawat di bandara tersebut terus meningkat. Tercatat, pada tahun 2013 penumpang yang berangkat dari bandara tersebut sebanyak 11.867 dan yang tiba sebanyak 11.150. Sedangkan pada tahun 2015, penumpang yang berangkat dari bandara tersebut meningkat menjadi 20.081 dan penumpang tiba sebanyak 19.100.
Kini, penerbangan ke Wakatobi sudah dilayani oleh dua maskapai, yaitu Wings Air yang terbang setiap hari Kendari – Wakatobi PP dan Garuda Indonesia seminggu empat kali yaitu hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu PP. Dengan adanya dua penerbangan ini tentu membuat wisatawan menjadi ada pilihan dan menjadi lebih mudah menuju Wakatobi.
Selain untuk mempermudah akses wisatawan, penerbangan Garuda Indonesia ke Wakatobi ini juga salah satunya adalah untuk memperkuat akses konektivitas udara nasional, khususnya dalam mendukung peningkatan potensi pariwisata. Dengan dibukanya rute penerbangan Kendari – Wakatobi, diharapkan dapat semakin meningkatkan demand wisatawan yang akan berkunjung ke pulau yang masuk ke dalam segitiga karang dunia.
“Saat ini seminggu empat kali. Untuk penambahan frekuensi penerbangan, kita lihat demand wisatawan terlebih dahulu,” ujar Kabandara. B