Keselamatan Penerbangan Lebih Baik

Ditulis oleh Zainal Arifin on . Posted in Domestic

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menyambut gembira hasil laporan KNKT yang menyebutkan keselamatan penerbangan di lndonesia selama 2017  lebih baik dari sebelumnya.
Laporan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)  menyebutkan antara lain jumlah kecelakaan sebanyak tujuh kejadian.
Menurut Dirjen, turunnya jumlah kecelakaan penerbangan merupakan dampak dari membaiknya implementasi keselamatan penerbangan nasional. Terutama dalam hal implementasi pengawasan oleh regulator yaitu Ditjen Perhubungan Udara dan kepatuhan para penyelenggara penerbangan nasional seperti maskapai, pengelola bandara, penyelenggara navigasi penerbangan, groundhandling, MRO serta masyarakat terhadap aturan-aturan penerbangan baik dari Internasional seperti annex ICAO maupun peraturan nasional seperti CASR.
Laporan dari KNKT merupakan jawaban sempurna dari hasil ICVM audit USOAP dari ICAO dimana nilai efektif implementasi terkait keselamatan penerbangan Indonesia mencapai 81,15 persen, meningkat tajam dari audit tahun-tahun sebelumnya dan jauh di atas rata-rata dunia yang berada di angka 60 persen. (*/B)