Capt. Bawono Endy : 37 Tahun Yang Berkesan

Ditulis oleh Teks dan Foto Erwin Nurdin, dok. Capt Bawono Endy on . Posted in Domestic

Berkarir di dunia penerbangan sebagai Pilot selama 37 tahun, bukanlah waktu yang sebentar. Tetapi Capt. Bawono Endy, yang merupakan salah satu alumni dari sekolah penerbangan College of Air Training HAMBLE, England, yang kini bergabung sebagai Captain Pilot Lion Air, menjalani profesinya itu dengan tekun dan semangat. Ketekunan yang ia miliki menghantarkannya mendapatkan penghargaan tertinggi dari PT. Lion Air Group pada tahun 2005 lalu.
Sebelum bergabung dengan Lion Air, Bawono lebih dulu bergabung dengan maskapai Garuda Indonesia. Prestasi Bawono di Garuda Indonesia terbilang cemerlang. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kegiatan yang dipercayakan pada dirinya. Tahun 1985, ia ditunjuk menjadi Ketua Umum Panitia Malam Ramah Tamah Awak Pesawat Garuda Indonesia. Lalu, tahun 1986, ia pun kembali ditunjuk oleh Direktur Utama PT. Garuda Indonesia menjadi Ketua Umum Panitia HUT Garuda Indonesia. “Dengan Garuda Indonesia, saya juga mendapatkan banyak kesempatan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan,” katanya.
Tidak hanya itu saja. Selama ia berkarir di dunia penerbangan, menurut Bawono hal yang paling berkesan adalah ketika ia menjadi narasumber di salah satu acara stasiun telvisi swasta yang ditayangkan live. “Di acara televisi tersebut, saya dipercaya untuk menjadi narasumber kecelakaan pesawat. Sepanjang perjalanan karir saya, ini adalah hal yang sangat mengesankan,” tutupnya. B