H Sovereign Bali : Kembali Berpartisipasi Dalam “Pasar Majelangu” Tuban

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto H Sovereign Hotel on . Posted in Hotel

Sehari setelah Hari Raya Nyepi, yakni saat Ngambak Geni, masyarakat Desa Adat Tuban menggelar Pasar Majelangu pada 18 Maret 2018 di sepanjang jalan raya Tuban. Acara ini sebagai rasa syukur karena sudah melaksanakan tapa brata panyapian dan acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan dan stan para pedagang, di mana H Sovereign Bali setiap tahunnya selalu berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan tersebut serta dilaksanakannya tradisi emed-emedan.
Memasuki tahun ke-4, Pasar Majelangu ini digelar sebagai bentuk simakrama antarwarga di sekitar lingkungan Desa Adat Tuban. Sebagian besar stan pedagang diisi oleh warga di lingkungan Desa Adat Tuban. Sebanyak kurang lebih 70 stan yang menjual berbagai barang usaha kecil menengah berskala lokal hingga internasional ikut meramaikan kegiatan tahunan ini.
Terkait dengan tradisi emed-emedan, zaman dahulu kegiatan ini dilaksanakan di depan Pura Desa Tuban, di bawah pohon beringin dengan menggunakan bangsing atau akar dari pohon beringin. Saat ini, tradisi emed-emedan menggunakan sarana berupa tali tambang.
Makna tradisi emed-emedan ini adalah untuk mempererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta untuk bergembira ria. B