Ninuk Tri Andrini : Jangan Jadikan Beban

Ditulis oleh Teks dan Foto Rizki Indriyanah on . Posted in Hotel

Bekerja selama enam belas tahun di perusahaan dan bidang yang sama bukanlah hal yang mudah dan juga bukan waktu yang sebentar. Belum lagi saat rasa jenuh itu datang, tentu akan membuat pekerjaan pun menjadi terhambat. Tapi tidak demikian dengan Ninuk Tri Andrini. Perempuan kelahiran Ibukota Jakarta ini mampu melewati enam belas tahun bekerja di The Jayakarta SP Jakarta Hotel dan Spa dengan happy.
Alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Moestopo ini mengemukakan, menikmati dan tidak menjadikan pekerjaan tersebut sebagai beban adalah kuncinya. “Intinya kita harus enjoy dengan pekerjaan tersebut,” ujar anak ketiga dari tiga bersaudara.
Menurut Ninuk, bekerja di bidang hospitality itu tidak monoton dan tidak membosankan, meskipun ia sudah enam belas tahun bergabung di hotel yang terletak di Jalan Hayam Wuruk No. 126, Jakarta Barat. “Kerja di dunia perhotelan itu tidak membosankan. Karena setiap hari bisa bertemu banyak orang dengan kasus dan karakter yang berbeda. Waktu kuliah dulu ada mata kuliah Psikologis Umum, dan ilmu yang saya dapatkan dari mata kuliah tersebut sangat terasa sekali manfaatnya untuk pekerjaan saya. Saya jadi mengerti bahasa tubuh tamu dan mengerti apa yang mereka inginkan,” lanjut Ninuk.
Ninuk juga menambahkan, bahwa menjadi seorang marketing tidak semata hanya untuk menjual produknya saja. Tetapi juga untuk menjembatani antara tamu dan manajemen, seperti menyampaikan aspirasi tamu dan apa yang mereka inginkan. “Selain menyampaikan aspirasi tamu, kita juga harus memberikan penjelasan kenapa keinginan tamu belum bisa dipenuhi oleh manajemen hotel. Tidak hanya itu saja, meskipun tamu tersebut sudah selesai menyelenggarakan event di sini, kita juga harus menjaga hubungan baik dengannya. Datang tidak hanya saat butuh saja, karena tamu juga bisa menjadi keluarga ” jelasnya.
Setelah lulus kuliah, tepatnya tahun 2002, Ninuk bergabung dengan The Jayakarta SP Jakarta Hotel dan Spa. Kini ia dipercaya mengemban tugas sebagai Sales Marketing Manager. Untuk mencapai posisi yang sudah berhasil dicapai oleh Ninuk, tentu membutuhkan kerja keras dan terus berdoa, serta dapat menikmati setiap proses yang dilaluinya. “Posisi yang berhasil saya capai ini juga berkat team work yang sangat kekeluargaan, dari seluruh manajemen dan karyawan The Jayakarta SP Jakarta Hotel dan Spa. Kerja team itu saling membantu dan yang terpenting adalah berusaha serta berdoa, jangan pekerjaan ini dijadikan beban, karena hasil yang menentukan Tuhan,” tuturnya. B