Mada I Made CHA Idealisme Seorang Pengajar

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto Istimewa on . Posted in Hotel

Sebagai putera daerah, tentu terbesit sebuah keinginan besar dalam benak Mada I Made CHA untuk turut serta membangun tanah kelahirannya dengan kemampuan yang dimiliki. Mada, sapaan akrab pria kelahiran Bali, 51 tahun silam ini sudah menekuni pekerjaannya di bidang hospitality sejak tahun 1990 dan kini ia dipercaya menjadi  General Manager di hotel bintang lima, yaitu Villa Ombak yang terletak Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Meskipun sudah mendapatkan posisi tertinggi, namun tak membuat Mada lupa terhadap cita-cita semasa ia kecil, yaitu menjadi seorang pengajar untuk meningkatkan SDM, khususnya dalam bidang kepariwisataan. “Saya suka dunia pendidikan, namun saya juga menikmati pekerjaan yang sudah lama saya tekuni. Di sini lingkungannya bagus dan ada jenjang kariernya, tapi dengan menjadi seorang pengajar, kita juga turut membangun daerah dengan meningkatkan kualitas SDM,” katanya.
Sebelum bergabung dengan Villa Ombak sembilan tahun yang lalu, Mada juga melanglangbuana ke berbagai hotel berbintang seperti Novotel dan Ramada Internasional selama sebelas tahun. “Saya memulai karier di Ramada Internasional. Di Bali, saat itu banyak sekali hotel yang mencari pegawai pandai berbahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan wisatawan asing yang berlibur ke Bali. Kebetulan background pendidikan saya adalah Sastra Inggris dan saya diterima bekerja di Ramada,” ujar Mada.
Diterima bekerja di hotel berstandar internasional, tak membuatnya lupa begitu saja pada dunia pendidikan. Berbekal dengan berbagai pengalaman dalam dunia perhotelan yang tak pernah terlepas dengan pariwisata, serta didukung dengan sertifikasi yang ia dapatkan dari Kemenpar dan Mendikti, Mada mendapatkan kesempatan untuk mengajar di Universitas Negri, yaitu Politeknik Pariwisata Negri dan salah satu sekolah pariwisata di Bali. “Idealisme saya sebagai seorang pengajar memang tinggi. Karena dengan mengajar, kita dapat berbagi ilmu dan mencerdaskan anak bangsa untuk membangun daerah dan negaranya, salah satunya melalui sector pariwisata,” tutupnya. B