Eko Supriantono : Cinta dan Ikhlas

Ditulis oleh Teks Rizki Indriyanah, Foto The Jayakarta Hotel on . Posted in Hotel

Eko Supriantono atau yang akrab disapa Anto, pria kelahiran Jakarta 36 tahun silam ini sudah melanglang buana bekerja di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang hospitality yang merupakan passion hidupnya.
Sebelum ia menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion hidupnya, ayah tiga orang anak ini memulai karirnya dari bawah, dari menjadi pekerja paruh waktu, tukang parkir hingga cleaning service dan waiter salah satu hotel di Jakarta pada tahun 2001, saat itu ia bekerja sambil mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Lalu ia pada tahun 2006 – 2007, ia melanjutkan pendidikannya di Magsaysay Institute of Shipping & Hospitality, Philipina. Kerja ikhlas dan rasa cinta Anto terhadap pekerjaannya tidak sia-sia, kini ia dipercaya menjabat sebagai Food & Beverage Manager di The Jayakarta SP Jakarta Hotel & SPA yang terletak di Jalan Hayam Wuruk 126, Jakarta Barat. “Di Salah satu Hotel Jakarta tahun 2001 – 2006 sebagai Job Partimer. Berbagai jenis pekerjaan yang pahit juga sempat saya rasakan,” ujarnya.
Bagi Anto, mencintai pekerjaan adalah kunci utama untuk bisa meraih kesuksesan dalam bidang pekerjaan yang ditekuni. “Harus mencintai pekerjaan terlebih dahulu. Karena kalau sudah cinta, saat berinteraksi dengan tamu atau saat melayani tamu pun kita melakukannya dengan ikhlas dan senang hati menjalaninya,” lanjut Anto.
Menurut Anto, bekerja di bidang hospitality selain sesuai dengan passion hidupnya, juga sesuai dengan backrground pendidikannya. Anto juga menambahkan, di bidang hospitality, tepatnya Food & Beverage ini memiliki banyak ilmu yang tidak akan ada habisnya. Di mana setiap tahun selalu ada yang baru mengenai perkembangan kuliner. Salah satunya adalah sejarah             menarik mengenai asal mula pembuatan minuman seperti         Whisky. Baginya     sejarah adanya makanan dan minuman adalah hal yang menarik untuk dipelajari.  “Di F&B ini banyak sekali ilmunya dan tidak ada habisnya. Setiap saat selalu ada yang baru mengenai makanan dan minuman. Itulah yang membuat saya tertarik menekuni bidang hospitality, khususnya F&B,” ungkapnya.`
Ketertarikannya pada bidang hospitality, khususnya F&B, telah menghantarkan Anto berkeliling dunia untuk mencoba berbagai makanan dan minuman yang merupakan ciri khas negara tersebut. “Salah satu negara yang pernah saya kunjungi dan tinggal lama adalah Italia. Di sana belajar banyak hal tentang makanan dan minuman ciri khas negara tersebut, seperti pizza yang kini makanan tersebut saya kembangkan di The Jayakarta SP Jakarta Hotel & SPA menjadi Martabak Pizza,” tutup Anto. B