Agus Zakaria : Having Fun

Ditulis oleh Teks dan foto Rizki Indriyanah on . Posted in Hotel

Bekerja di bidang hospitality, bagi Agus Zakaria adalah hal yang menyenangkan. Pria kelahiran Kota Kembang ini sudah berkarir di dunia perhotelan selama 21 tahun. Meskipun sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia perhotelan, tapi baginya tidak membosankan. Karena selama 21 tahun itu tidak hanya pada satu hotel ia bekerja. Setiap hotel tempat ia ditugaskan berada di tempat yang berbeda, sehingga memiliki nuansa dan budaya yang juga berbeda.
Agus Zakaria, ayah tiga anak ini memulai karirnya di dunia perhotelan dari posisi bawah, yakni sebagai gardener di salah satu hotel internasional. “Saya memulai karir dari posisi bawah, yaitu sebagai gardener alias tukang kebun di salah satu Hotel Chain International di Surabaya tahun 1996. Bagi saya, posisi yang saat ini saya capai sebagai General Manager di The Jayakarta SP Jakarta Hotel & SPA adalah yang tertinggi,” katanya.
Menurut Agus, dari salah satu Hotel Chain International di Surabaya ia dapat banyak ilmu tentang hospitality. “Di hotel internasional itu saya dapat banyak ilmu dari pelatihan besar yang diberikan manajemen terhadap pegawainya tanpa memandang pendidikan, seperti cara menelepon atau cara menyapu,” ujar alumni Sastra Universitas Padjajaran.
Bekerja di bidang apapun menurut Agus tidak ada masalah. Semua tergantung pada diri sendiri yang membentuknya. Jika menjalaninya dengan rasa cinta, tentu semua akan terasa ringan tanpa beban dan having fun. “Kerja di hotel bagi saya itu menggembirakan. Setiap hari bertemu dengan banyak tamu yang berbeda, walaupun awalnya saya merasa kerja di hotel itu sebagai pelayan, tapi setelah dijalani saya merasakan having fun,” ungkap anak ke enam dari sepuluh saudara yang hobi bermain tenis dan futsal. B